Ketua MPR Janji Bantu Petani Karawang Yang jadi korban gusuran

10
321
Zulkifli Hasan / Foto: Jejamo

Nawacitapost.com – Ketua MPR Zulkifli Hasan berjanji akan membantu para petani Karawang yang lahannya digusur PT Pertiwi Lestari.

“Saya akan bantu. Saya kenal baik dengan Bupati dan saya akan menghubunginya. Begitu juga Gubernur Jawa Barat akan saya hubungi,” kata Zulkifli di hadapan para petani di Masjid Istiqomah, Tanah Abang, Jakarta Pusat (Jumat, 31/3/2017).

Dia menegaskan harus ada win-win solution untuk menyelesaikan persoalan ini. Sebab negara tidak boleh menelantarkan warga yang tengah menghadapi persoalan.

“Harus ada kepastian terhadap nasib dan persoalan mereka. Indonesia kan negara berdasarkan Pancasila. tidak boleh ada warganya yang terlantar, apalagi diperlakukan semena-mena,” tegas Zulkifli Hasan.

Ada 217 petani dari Desa Manajaya, Desa Marga Kaya dan Desa Marga Mulia yang lahannya digusur paksa oleh PT Pertiwi Lestari. Selama 20 hari terakhir,  mereka menuntut keadilan di Jakarta.

Juru bicara warga Haris Wiyono mengatakan, warga dari tiga desa tersebut digusur dan dipaksa hengkang  oleh PT Pertiwi Lestari. Padahal mereka sejak tahun 1968 menggarap lahan seluas 87 hektar yang berada di zona tanah negara kawasan hutan. Tiba-tiba, PT Pertiwi muncul dan merasa berhak atas tanah warga dengan dasar Sertifikat Hak Guna Bangunan (SHGB) yang dikeluarkan pemerintah.

“Puncaknya pada 1 Agustus 2016, setelah keluar IMB,  PT Pertiwi Lestari merasa di atas angin. Dibantu ratusan personil Brimob, perusahaan itu kemudian melakukan pemagaran. Sekitar 400 warga melawan aksi pemagaran tersebut,” ujarnya.

Haris mengatakan warga tidak bisa menerima perlakuan tersebut. Apalagi rumah mereka diluluhlantakkan tanpa ganti rugi dari perusahaan tersebut. “Makanya warga menuntut keadilan dari pemerintah,” kata Haris. (jar)

Comments are closed.