Pelatihan PPGD di Lapas Narkotika Sungguminasa / Foto: Info PAS

Nawacitapost.com –  Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) diharapkan memiliki keterampilan dan siap bila dibutuhkan untuk menangani kasus kasus-darurat, seperti kecelakaan yang terjadi di dalam blok-blok hunian, sehingga bisa mengupayakan risiko fatalitas korban serta ketepatan penanganan dalam memberikan pertolongan pertama pada waktu terjadi kecelakaan.

Untuk itu, 20 WBP Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Kelas IIA Sungguminasa, Sulawesi Selatan, baru-baru ini mendapat pelatihan Pertolongan Pertama Gawat Darurat (PPGD) pada korban kecelakaan.

Bertempat di aula lapas, pelatihan tersebut bekerja sama dengan Tim Kesehatan dari RSUP Wahidin Sudirohusodo serta instruktur pelatih dari Tim Bantuan Medis Calcaneus Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin (Unhas).

Usai pembukaan, peserta pelatihan langsung diajari praktik memindahkan korban, penanganan luka di tempat kejadian perkara, membaw akorban ke mobil ambulans, serta cara bertindak saat mengevakuasi korban.

Karena Lapas Narkotika Sungguminasa jauh dari rumah sakit, WBP dan petugas lapas dilatih PPGD agar bisa menangani kasus kasus gawat darurat seperti kecelakaan,” terang dokter lapas, dr. Muslih Imani Paramma.

Muslih berhara ilmu dan pengetahuan PPGD ini tidak hanya diprakteikkan di dalam lapas saja, namun bisa digunakan di dalam rumah tangga dan lingkungan masyarakat masing-masing nantinya ketika sudah beba.

“Kami berharap kegiatan pelatihan pembekalan seperti ini bisa berkelanjutan agar seluruh WBP memiliki bekal yang cukup dalam hal penanganan kasus gawat darurat serta kasus traumatik,” harapnya.

Selain praktik PPGD, sehari sebelumnya para WBP juga menerima materi PPGD meliputi teori-teori dasar PPGD dan P3K. Adapun pemateri PPGD yaitu dr. Nur Surya Wirawan selaku Dosen Anestesi pada Fakultas Kedokteran Unhas yang ahli dalam menangani kasus-kasus kegawat daruratan.

“Diharapkan setelah mengikuti kegiatan ini mereka bisa siap dalam situasi apapun, yermasuk dalam menangani peristiwa kecelakaan yang terjadi di dalam Lapas Narkotika Sungguminasa,” tutup Surya. (ian)

Baca juga :  WTP Berturut – Turut, Kinerja Kemensos Bertagline Hadir Tak Perlu Lagi Diragukan

 

Comments are closed.