Lapas/Rutan Kalimantan Tengah Kekurangan Dokter dan Tenaga Kesehatan

9
245
Foto: Istimewa

Nawacitapost.com – Direktur Kesehatan Perawatan dan Rehabilitasi pada Direktorat Jenderal Pemasyarakatan, Asminan Mirza Zulkarnain, melaksanakan kunjungan kerja ke Provinsi Kalimantan Tengah, Selasa (14/3/2017). Kunjungan kerja ini dimaksudkan untuk melakukan koordinasi dengan  Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Tengah dan Dinas Kesehatan Kota Palangka Raya tentang permintaan bantuan tenaga Dokter dan petugas kesehatan untuk Lapas/Rutan yang ada di Provinsi Kalimantan Tengah.

Didampingi Kepala Divisi Pemasyarakatan Anthonius M. Ayorbaba, Asminan mengatakan saat ini jumlah dokter dan tenaga kesehatan di Lapas/Rutan di Provinsi Kalimantan Tengah sangat kurang, bahkan ada Lapas/Rutan yang tidak punya dokter dan tenaga kesehatan.

“Karena itu  kedatangannya saya ke Dinas Kesehatan selain menyambung tali silaturrahmi sekaligus untuk meminta bantuan Kepala Dinas Kesehatan apabila ada dokter/tenaga kesehatan yang mau diperbantukan di Lapas/Rutan atau sekalian pindah tugas ke Kementerian Hukum dan HAM,” kata Asminan.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan ProvinsiKkalimantan Tengah dr. Suprastija Budi  mengatakan,  pihaknya akan membantu menyampaikan tawaran tersebut kepada seluruh jajarannya di lingkungan Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Tengah. Selain itu juga pihaknya akan bersedia membantu pihak Kemenkumham dalam hal kerjasama tentang perawatan kesehatan serta rehabilitasi bagi warga Binaan Pemasyarakatan.

Menanggapi sambutan baik yang disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Tengah, Kepala Divisi Pemasyarakatan Anthonius mengucapkan terima kasih atas kesediaan Kepala Dinas Kesehatan dalam hal mencarikan solusi yang selama ini menjadi kendala dalam hal kesehatan serta perawatan bagi WBP yang sakit. Anthon berharap mudah-mudahan dalam waktu dekat Lapas/Rutan di Provinsi Kalimantan Tengah ini tercukupi Dokter dan Petugas Kesehatannya.

Setelah melakukan kunjungannya ke Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Tengah, Asminan melanjutkan kunjungannya ke Lembaga Pemasyarakatan Klas II A Palangka Raya. Di Lapas tersebut, dia bersama Kepala UPT Pemasyarakatan Se-Kota Palangka Raya menyempatkan diri melihat blok Napi/Tahanan Anak, Dapur serta blok perempuan. Di samping itu juga meninjau tempat pembuatan kue yang semuanya pekerjanya adalah Napi perempuan yang ada di Lapas.

Usai melakukan peninjau lapangan, seluruh petugas Lapas dan juga Duta Kesehatan dari Napi Lapas Kelas II A Palangka Raya berkumpul di Aula Lapas dalam rangka pengarahan yang disampaikan oleh Direktur Kesehatan Perawatan dan Rehabilitasi, dimana Kepala Lapas Kelas II A Palangka Raya (Priyarso) memandu kegiatan pengarahan sampai selesai. (ian)  

Comments are closed.