Tjahjo Kumolo Kenang Mohammad Ma’aruf Sebagai Sosok Baik Hati Dan Disiplin

0
152
Foto: Istimewa

Nawacitapost.com – Mantan Mendagri pada era Kabinet Indonesia Bersatu Jilid I, era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Mohammad Ma’aruf, dimakamkan di Taman Makam Pahlwan Kalibata Jakarta, Jumat (10/3/2017) Mendagri Tjahjo Kumolo turut serta melepas jenazah almarhum Mohammad Ma’aruf. Mendagri dengan mengenakan jas dan pakaian serba hitam tampak merasa kehilangan.

“Saya sebagai Mendagri ikut kehilangan, saya mengenali beliau,” ungkap  Tjahjo di Kalibata, Jakarta, Jumat (10/3/2017).

Tjahjo mengaku dirinya telah mengenal lama M. Ma’ruf jauh sebelum ia menjabat sebagai Mendagri di era Presiden ke-6 SBY.  Sosok mantan Mendagri Mohammad  Ma’aruf dimata Tjahjo merupakan sosok yang baik hati serta semasa jabatannya juga sosok yang membangun dan menerapkan nilai-nilai kedisiplinan.

“Pak Ma’ruf yang saya kenal, orangnya baik, jauh sebelum beliau menjadi Mendagri dan semasa Mendagri saya mengenali beliau,” ujar Tjahjo.

Tjahjo juga menyebutkan Mohammad Ma’ruf telah ikut serta ambil andil dalam membangun Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) sebagai bagian dari institusi pemerintahan yang konsisten.

“Ya saya kira dari masa Pak Basuki Rachmat, Mohammad Ma’ruf, Mardiyanto dan itu semua adalah dari TNI, membangun disiplin dan membangun IPDN sebagai bagian dari negeri sipil yang konsisten,” tutur Tjahjo.

Mohammad Ma’aruf meninggal  pada Kamis (9/3) malam di Bandung, Jawa Barat. Beberapa tokoh menghadiri pemakaman yaitu Presiden keenam Susilo Bambang Yudhoyono, Wakil Presiden masa jabatan 2009-2014 Boediono, mantan Seskab Sudi Silalahi, Menko Polhukam Wiranto.

Disamping itu turut hadir sejumlah petinggi TNI dan pejabat pemerintahan seperti Kepala Staf Umum Mabes TNI Letjen Didit Ashaf, Kepala Staf TNI Angkatan Darat Mulyono dan Pangdam Jaya Mayjen Jaswandi, Mantan Menteri Agraria Ferry Mursyidan Baldan dan Mantan Menko Polhukan Agum Gumelar. (val)