Menkumham Yasonna H. Laoly Foto: Metrotv

Nawacitapost.com – Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) berencana membangun lembaga pemasyarakatan (lapas) modern yang dilengkapi dengan teknologi canggih di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

“Kami sedang merancang satu lapas di Karanganyar. Itu betul-betul high technology prison yang sedang kami bangun, di samping rencana pembangunan lapas baru di pulau-pulau terluar,” ujar Menteri Hukum dan HAM Yasonna H. Laoly usai membuka pelaksanaan The 6th Asian Conference Correctional Facilities Architect and Planners (ACCFA) 2017, di Hotel Pullman, Menteng, Jakarta Pusat, beberapa waktu lalu.

Yasonna menjelaskan, pembangunan lapas berteknologi tinggi dari segi keamanan itu merupakan bagian dari upaya pemerintah untuk menangani persoalan kelebihan kapasitas di lapas.

“Lapas tersebut akan memiliki tiga tingkat pengamanan, yakni minimun, medium, dan maximum security. Kapasitasnya 500 orang,” kata Yasonna.

Yasonna pun berharap, melalui ACCFA 2017 pemerintah akan mendapat beragam masukan dan ide dari para arsitektur di seluruh Asia Pasifik dalam merealisasikan rencana tersebut.

ACCFA 2017 merupakan konferensi arsitek dan perencana fasilitas pemasyarakatan se-Asia. Konferensi tersebut digelar mulai 6 hingga 10 Maret 2017 di Hotel Pullman.

Sebanyak 166 peserta dari negara-negara ASEAN dijadwalkan hadir dalam konferensi tahunan ini, antara lain Korea Selatan, Jepang, Srilanka, Bangladesh dan Papua Niugini. (Hadi)

 

Baca juga :  Menko PMK: Perlu Diseminasi Program Ayah Siaga untuk Tekan AKI dan AKB

Comments are closed.