Mendagri Ingatkan Daerah untuk Fokus Perencanaan Anggaran

0
82

Nawacita.com – Dalam kunjungan kerja Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo ke Nusa Tenggara Timur (NTT), Mendagri tidak henti-hentinya   mengingatkan pemerintah daerah untuk fokus dalam perencanaan anggaran.

Mendagri menyebutkan jika memang ada kesulitan anggaran di daerah, hal ini tentu berhubungan dengan bagus atau tidaknya perencanaan yang dilakukan.

“Kalau ada kesulitan anggaran berarti perencanaannya tidak bagus, jangan disalahkan lembaganya, pokoknya dalam pemerintahan itu perencanaan harus bagus,” ujarnya.

Setelah dilakukan perencanaan dengan baik, Mendagri menyebutkan untuk melakukan penganggaran yang sesuai serta  fokus pada pelaksanaan.

Pada prinsipnya, Pemerintah Pusat melalui Kemendagri ingin masyarakat merasakan manfaat dari penggunaan uang rakyat tersebut. Apalagi, sebagaimana yang dikatakan Mendagri saat ini Kemendagri memiliki wewenang dalam melakukan pemeriksaan pengajuan anggaran.

“Kemendagri diberikan wewenang oleh Presiden Joko Widodo untuk melakukan pemeriksaan atas pengajuan anggaran agar benar-benar memberikan dampak yang positif,” ungkap dia. (Val)