Lapas Narkotika Sungguminasa Jadi yang Pertama Produksi Pakan Ikan

2
217

Nawacita.com – Kedatangan Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Sulawesi Selatan beserta jajaran untuk meninjau industri pembuatan pakan ikan di Lapas Narkotika Sungguminasa, belum lama ini, diharapkan menambah geliat industrialisasi di Lembaga Pemasyarakatan dan menjadi pilot project bagi Unit Pelaksana Teknis Pemasyarakatan lainnya.

“Industri pembuatan pakan ini pertama kali dilakukan di Sulawesi Selatan dan kami menargetkan pakan produksi dapat memenuhi kebutuhan budidaya lele yang sementara berjalan di dalam lapas dan selanjutnya mampu memasok ke pengusaha perikanan di wilayah sekitarnya,” tutur Kepala Lapas Narkotika Sungguminasa, Victor Teguh Prihartono.

Dalam kunjungan yang dirangkaikan dengan panen dan penjualan perdana hasil budidaya lele di lapas tersebut, Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Sulawesi Selatan, Jauhar Fardin, berharap industri pembuatan pakan ikan di Lapas Narkotika Sungguminasa berdampak positif bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) sebagai bagian dari pembinaan kemandirian.

“Industri dalam lapas memiliki potensi untuk berkembang pesat dan unggul apabila WBP yang ikut di dalamnya dikelola secara profesional,” pesan Jauhar.

Sadar akan tanggung jawab besar yang diembannya, Kepala Seksi Kegiatan Kerja Lapas Narkotika Sungguminasa, Rachmat Effendy, mengaku telah memiliki strategi khusus agar pengelolaan industri pembuatan pakan berkembang dengan baik,

“Kami akan libatkan banyak WBP potensial, memperluas kerja sama dengan pelaku usaha sejenis, dan terus meningkatkan kualitas produksi pakan,” ujarnya. (Val)

 

 

Comments are closed.