Nawacita.com – Tim Monitoring  Divisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Barat, pekan lalu melakukan kunjungan ke Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Majene.

Diketuai Kepala Bidang Pembinaan, Bimbingan Pemasyarakatan, Pengentasan Anak, dan Informasi dan Komunikasi, Zainal Abidin, tim tersebut melakukan monitoring kinerja Rutan Majene sekaligus mengecek persiapan rutan dalam menghadapi pameran di daerah maupun pusat.

“Pemimpin harus jeli dalam melihat situasi dan kondisi rutan maupun penghuni. Salah satunya memanfaatkan keterampilan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP),” ujar Zainal saat meninjau WBP yang sedang membuat kerajinan dari sapu lidi.

Untuk itu, tambah Zainal, diperlukan kreativitas para petugas dalam membina WBP untuk menciptakan hasil karya yang dapat bersaing di pasaran dan masyarakat. “Kerajinan tangan dari sapu lidi ini sesuai dengan kondisi Kota Majene yang mayoritas bermata pencaharian sebagai nelayan dan berkebun kelapa,” jelasnya.

Menyikapi hal itu, Kepala Rutan Mejene, I Wayan Nurasta Wibawa, akan melakukan survey WBP maupun bahan baku yang ada. “Apabila memungkinkan, kami akan menjadikan kerajinan sapu lidi sebagai prioritas dari Rutan Majene. Saya yakin WBP di sini mampu menciptakan kreasi-kreasi kerajinan tangan seperti pengrajin di Bali,” tuturnya. (IP)

 

 

 

Baca juga :  Dinkes Kota Tangerang Mendapati 33  Positif Covid-19

Comments are closed.