Ranperda BUMD Akomodir Peluang Usaha Kota Jambi

1
161
Ranperda BUMD Akomodir Peluang Usaha Kota Jambi
Ranperda BUMD Akomodir Peluang Usaha Kota Jambi
Jambi, NAWACITA – Pemerintah Kota Jambi, Provinsi Jambi, mengusulkan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Dadan Usaha Milik Daerah (BUMD) untuk mengakomodir peluang usaha yang akan dilakukan pemerintah kota itu.

“BUMD ini sudah menjadi kebutuhan, salah satunya untuk pengelolaan city gas, saat ini sudah ada 8.800 sambungan rumah tangga dan tahun yang akan datang akan ditambah 5.000 sambungan,” kata Wali Kota Jambi Syarif Fasha di Jambi, Senin.

Pemerintah kota itu membutuhkan Perda tentang pembentukan BUMD karena banyak peluang usaha yang dapat dilakukan. Dan peluang-peluang usaha tersebut akan menambah pendapatan asli daerah (PAD) kota itu.

Dijelaskan Fasha, selain untuk pengelolaan city gas, Perda BUMD tersebut juga dapat membentuk investasi, seperti capsule bus yang saat ini dikelola oleh pihak ketiga.
Menurut Fasha ada 12 peluang usaha yang bisa mendapatkan pengahasilan untuk PAD kota itu.

Baca juga: Dua Tersangka Bom Bunuh Diri di Polrestabes Medan Menyerahkan Diri

“Selain itu juga bisa kita buat air kemasan, karena PDAM kita sudah bagus, IPA kita terbaik di Indonesia, air yang dihasilkan sangat jernih,” kata Syarif Fasha.

Ranperda BUMD tersebut kini masih dalam pembahasan di DPRD kota itu. Tahun ini merupakan tahun ke tiga Ranperda tersebut dilakukan pembahasan, karena pada tahun-tahun sebelumnya terkendala oleh kelengkapan data. Ketua DPRD Kota Jambi, Putra Absor Hasibuan mengatakan pihaknya akan melakukan pembentukan Pansus untuk pembahasan Ranperda tersebut.

Dijelaskan Absor, saat studi banding Ranperda BUMD tersebut, pihaknya menyandingkan dengan daerah lain, tentang kelengkapan data, naskah akademik dan lainnya.

“Kita pembahasan dulu. terkejar atau tidak itu nanti, kita berharap bisa terkejar dan teralisasi dalam tahun ini, yakin kita jika mau bekerja pasti bisa,” kata Putra Absor Hasibuan.

Comments are closed.