Pembenahan Dua Pasar Besar di Banjarmasin Akan Menggandeng Investor

1
114
Pembenahan Dua Pasar Besar di Banjarmasin Akan Menggandeng Investor
Pembenahan Dua Pasar Besar di Banjarmasin Akan Menggandeng Investor

Banjarmasin, NAWACITA – Pemerintah Kota Banjarmasin akan melakukan pembenahan dua pasar besar, yakni, pasar Ujung Murung dan Sudimampir Baru dengan menggandeng investor.

Hal tersebut diungkapkan Kabid Peningkatan Sarana Distribusi Perdagangan dan Pasar Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Banjarmasi Ichrom M Tezar saat di gedung dewan kota, Kamis. Pak wali kota dan wakil wali kota kita ingin merevitalisasi pasar Ujung Murung dan Sudimampir Baru, kita akan melaksanakan itu rencananya tahun depan,” ujarnya.

Untuk saat ini, ujar dia, pihaknya sudah melakukan komunikasi dengan para pedagang untuk rencana perbaikan pasar tersebut agar lebih baik lagi sebagai pasar rakyat.
Sudah 12 kali kita lakukan rapat dengan para pedagang perwakilan disetiap blok, meski tidak semua,” ujarnya.

Karena, ungkap Ichrom, status kepemilikan lahan di dua pasar itu ada Status Hak Milik (SHM), Status Hak Guna Bangunan (SHGB) dan milik pemerintah kota. Jadi kita konsenkan dulu bagi pedagang yang memiliki toko dengan SHM,” ucapnya.

Baca juga: Presiden Jokowi : LKPP Prioritaskan Industri dalam Negeri

Kalau secepatnya ditempuh kesepakatan, ujar dia, maka secepatnya pula pasar tersebut bisa diperbaiki, hingga memiliki standar yang baik. Menurut dia, perbaikan dua pasar tersebut dirancang menggandeng investor, tidak menggunakan APBD kota.

“Pastinya ada hitung-hitungannya kita tempuh jalan itu, dan pasti pemerintah kota akan jalin kerjasama yang baik untuk perbaikan pasar di daerah ini,” bebernya. Ichrom mengatakan, bahwa pembenahan pasar menggandeng investor ini bukan hal yang baru di Kota Banjarmasin, yang sudah itu adalah Pasar Sentra Antasari.

“Pasar Sentra Antasari itu berakhir pada 2023, ada banyak lagi pasar di daerah kita ini yang dikerjasamakan dengan investor,” terangnya. Dia memastikan, pemerintah kota akan sangat hati-hati untuk menjalin kerjasama dengan pihak ketiga ini, hingga tidak sampai menimbulkan masalah dikemudian harinya.

Comments are closed.