Presiden Jokowi dan rombongan meninjau food estate di Kalimantan Tengah

Jakarta, NAWACITAPOST- Food Estate yang merupakan konsep pengembangan pangan yang dilakukan secara terintegrasi mencakup pertanian, perkebunan bahkan peternakan di suatu kawasan. Itu, sebenarnya sudah lama dicanangkan sejak era Presiden Soekarno, lokasi yang dipilih Lampung, namun tak berlanjut. Era Soeharto dipilih Kalimantan Tengah, terkendala penyediaan tata air. SBY pun pernah menggarapnya di Pulang Pisang, hasilnya gagal.  Kemudian Presiden Jokowi melanjutkan, lokasi  yang dipilih Kabupaten Kapuas  dan Pulang Pisang Kalimantan Tengah.  Luasnya,  hanya  600 ribu hektare (ha) itupun sisa lahan dari program  sawah sejuta ha di era Orde Baru, dan sampai 2023 lahan yang tersedia 140 ribu ha. Alasan dipilih lokasi ini juga, dekat dengan calon Ibukota Baru RI di Penajam Utara, Kalimantan Timur.

Baca Juga : Jokowi Keluarkan Dana Rp11,3 Triliun untuk Program Padat Karya

Setelah yakin dengan lokasi tersebut, Jokowi memerintahkan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) agar segera  melaksanakannya,  dan tak berlangsung lama SYL mampu melakukannya secara  cepat, cermat, baik, dan benar. Untuk memastikan hal tersebut benar-benar terlaksana, Jokowi bersama rombongan  Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, dan Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko dengan menggunakan helikopter Puma TNI AU, Kamis (9/7/2020). tiba di lokasi yang dituju  Desa Bentuk Jaya, Kecamatan Dadahup, Kabupaten Kapuas.  Setelah turun dari helikopter, Jokowi  disambut mantan Gubernur Sulawesi Selatan dan Menteri Pekerjaan dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, dan segera mengecek kesiapan lahan program tersebut.

Jokowi menegaskan, bahwa pengembangan kawasan food estate ini diperlukan untuk meningkatkan ketahanan pangan Indonesia dan  mengantisipasi kemungkinan terjadinya krisis pangan. Pengembangannya dilakukan sceara bertahap, tahun ini dimulai pada lahan seluas 30 ribu hektare (ha) dan dalam dua tahun berikutnya 148 ribu ha, yang jelas korporasi petani akan menjadi basis pengembangan kawasan lumbung pangan baru tersebut, tandasnya dihadapan petani.

Baca juga :  Kunjungi Pasar Sederhana, Jokowi Berikan Bantuan Bagi PKL di Bandung