Bangkitkan Bisnis UMKM, Pemerintah Luncurkan Penjaminan Kredit Modal

0
241
Bangkitkan Bisnis UMKM, Pemerintah Luncurkan Penjaminan Kredit Modal

Jakarta, NAWACITAPOST- Peluncuran penjaminan kredit modal Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), bekerja sama dengan bank-bank Himbara dan perusahaan asuransi nasional yaitu PT Jaminan Kredit Indonesia (Jamkrindo) dan PT Asuransi Kredit Indonesia (Askrindo). Diluncurkan di Jakarta, Senin (7/7/2020).

Peluncuran tersebut dihadiri oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri BUMN Erick Thohir dan Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki.

Airlangga menyatakan, penjaminan kredit modal UMKM ini dilakukan untuk membangkitkan bisnis UMKM di tengah pandemi agar kembali produktif. Seperti diketahui, UMKM menjadi tulang punggung ekonomi Indonesia yang sebagainnya terdampak pandemi Corona.

Baca Juga : Jokowi Minta Cepat Pembangunan Tol Trans Sumatra

“UMKM jadi prioritas utama pemulihan ekonomi, karena ini penting. Diharapkan, Askrindo dan Jamkrindo bisa secara aktif melaksanakan programnya. Selamat atas peluncuran ini, semoga apa yang diharapkan Pak Presiden bisa direalisasikan 2 kuartal ini,” ujar Airlangga dalam telekonferensi.

Dalam kesempatan yang sama, Luhut mengatakan bahwa pemerintah telah memberi stimulus dengan pertimbangan yang hati-hati, sesuai dengan perintah Presiden Joko Widodo untuk segera menyalurkan insentif dengan cepat.

Baca Juga : Yasonna Maklum Tak Disukai, Utamakan Prinsip Kebaikan Bangsa dan Negara

“Presiden perintahkan kami proses ini semua dengan cepat dan semua aturan jangan bertele-tele sehingga semua stimulus bisa turun dan dimanfaatkan dalam ketentuan yang berlaku di dalam krisis ini. Kita nggak ingin lama-lama dan ragu-ragu. Kami semua berintegrasi, semua terlibat di sini,” ujar Luhut.