Kondisi Nelayan Saat Ini Anggaran KKP Tidak Dipotong

0
142
Jakarta, Nawacitapost – Anggaran Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) diharapkan tidak mengalami pemotongan sebagai dampak dari pandemi Covid-19.
Mengingat KKP saat ini memiliki peranan penting dalam menjaga kelangsungan hidup para nelayan yang juga ikut terpengaruh pendapatannya karena Covid-19.
“Mengingat kondisi saat ini pelaku utama perikanan seperti nelayan, pembudi daya ikan, petambak garam, serta pengolah dan pemasar hasil perikanan yang terdampak langsung wabah Covid-19 wajib dilindungi sebagaimana amanat UU No 7 Tahun 2016,” ujar Ketua Komisi IV Sudin usai rapat kerja secara virtual dengan Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo, Selasa, (14/4).
Selain itu, Komisi IV juga telah menerima penjelasan Menteri Kelautan dan Perikanan mengenai refocusing kegiatan dan realokasi anggaran Kementerian Kelautan dan Perikanan Tahun 2020 setelah adanya penyesuaian anggaran menjadi sebesar 5 Triliun 300 miliar 705 juta 838 ribu rupiah, sebagaimana amanat PP No54/2020 tentang Perubahan Postur dan Rincian Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Tahun Anggaran 2020.
Komisi IV DPR RI meminta Kementerian Kelautan dan Perikanan untuk melaksanakan program strategis guna menyangga produksi komoditas perikanan dan komoditas pergaraman.
“Hal itu dalam rangka percepatan pemulihan ekonomi dampak Covid 19 di sektor Kelautan dan Perikanan,” terang Sudin.