Menteri ESDM Arifin Tasrif : Tidak Ada Kenaikan Harga Elpiji 3 Kilogram

3
35
Menteri ESDM Arifin Tasrif : Tidak Ada Kenaikan Harga Elpiji 3 Kilogram

Jakarta, NAWACITA- Menteri ESDM Arifin Tasrif memastikan tidak ada kenaikan harga Elpiji 3 Kilogram (Kg) dengan diterapkannya penyaluran subsidi tertutup.

Arifin menjelaskan, sampai saat ini belum ada penyataan resmi mengenai kenaikan harga Elpiji bersubsidi 3 Kg. Dia pun menduga ada pihak yang berspekulasi mengenai hal tersebut.

“Sebetulnya tidak ada pernyataan resmi dari kementerian mengenai Elpiji 3 kg. Ini kita juga sempat terkejut kenapa ini bisa terekspos, apakah spekulasi,‎” kata Arifin, saat rapat dengan Komisi VII DPR, di Gedung DPR, Jakarta, Senin (27/1/2020).

Menurutnya, saat ini Kementerian ESDM masih melakukan kajian mengenai sistem penyaluran subsidi Elpiji tertutup, agar subsidi digunakan oleh pihak yang memang berhak mendapatkannya.

Baca Juga : Pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar CPNS Dimulai

“Ini akan melibatkan banyak pihak, stakeholder terkait, terutama mengenai pengabsahan data di lapangan,” ujarnya.

Arifin melanjutkan, meski sudah ada mekanisme yang akan diterapkan, tetapi perlu dilakukan sosialisasi ke masyarkat. “Karena banyak masyarakat yang belum paham kalau seandainya diterapkan pola harga sama, diberikan bantuan langsung tunai melalui kartu, atau alternarif lainnya,” tuturnya.

Dia mengungkapkan, untuk menerapkan penyaluran subsidi Elpiji tertutup agar tepat sasaran, seharusnya melibatkan Pertamina sebagai operator yang di‎tugaskan menyalurkan Elpiji bersubsidi.