BUMDes di Kabupaten Kupang Bantu Petani Tingkatkan Produksi Padi

0
174
BUMDes di Kabupaten Kupang Bantu Petani Tingkatkan Produksi Padi
BUMDes di Kabupaten Kupang Bantu Petani Tingkatkan Produksi Padi
Kupang, NAWACITA – Kepala Desa Mata Air, di Kabupaten Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Benyamin Kanuk mengemukakan, Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Ina Huk yang dibentuk di desa setempat sudah dikelola untuk membantu petani dalam meningkatkan produksi padi.

“Melalui BUMDes Ina Huk ini kami lakukan penyertaan modal untuk membantu produksi padi petani dengan luas lahan mencapai 350 hektare,” kata Benyamin Kanuk.

Dia mengatakan, melalui BUMDes, pemerintah desa melakukan penyertaan modal yang dialokasikan dari Program Dana Desa untuk pengadaan benih maupun fasilitas untuk penyiapan lahan. Penyertaan modal pada 2019 ini sebanyak Rp50 juta untuk mendukung produktivitas petani padi yang dipanen dua kali dalam setahun.

“Sebelum masuk musim tanam kami kalkulasi dengan petani untuk setiap satu hektare itu butuh berapa benih, lalu fasilitas mesin penyemprot, hand tractor, berapa dana yang dibutuhkan ,” katanya. Benyamin menjelaskan dalam pola kerja sama ini, para petani tidak membayar bantuan fasilitas produksi dalam bentuk uang melainkan berupa beras.

Baca juga: Idham Komitmen Sukseskan Pelaksanaan Pilkada 2020

Hasil produksi beras tersebut, yang kemudian dipasarkan melalui BUMDes dengan brand sendiri yaitu beras Ina Huk. Pola ini sudah kami mulai sejak 2017 lalu ketika BUMDes dibentuk dan sekarang manfaat keuntungan sudah dirasakan para petani, hasil beras mereka juga sudah dipasarkan untuk umum,” katanya.

Benyamin menambahkan pemerintah desa akan terus melakukan penyertaan modal dengan dukungan Dana Desa agar meningkatkan produktivitas petani setempat.
Pihaknya telah membagi porsi penyertaan modal tersebut di antaranya 40 persen untuk pertanian dan 60 persen untuk pengembangan objek wisata Pantai Sulamanda.

“Jadi setiap tahun akan kami lakukan ini dengan harapan ekonomi masyarakat desa kami secara bertahap mulai bangkit dengan dukungan potensi yang ada,” katanya.