PUPR Bentuk LSP Untuk Bisa Beri Sertifikasi

1
8
PUPR Bentuk LSP Untuk Bisa Beri Sertifikasi Bidang PUPR

Jakarta, NAWACITA- Sekretaris Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kementerian PUPR, KM Arsyad, menjelaskan bahwa pembentukan LSP dimaksudkan untuk bisa memberikan sertifikasi bidang PUPR secara mandiri, serta untuk membuktikan bahwa hasil pelatihan BPSDM kompetensinya dijamin oleh suatu organisasi yang berstandar nasional.

KM Arsyad mengemukakan bahwa BPSDM ingin melangkah lebih maju lagi, sehingga bagaimana bisa menghasilkan lulusan yang mempunyai standar kompetensi khusus di bidang konstruksi supaya sertifikasi yang diberikan nantinya bisa menjadi suatu persyaratan bagi jabatan-jabatan yang nantinya akan diemban oleh para ASN.

Ia mengakui tidak mudah membentuk LSP, karena persiapannya tidak hanya memperoleh atau menghasilkan LSP, namun juga harus menyiapkan perangkat lainnya yang menunjang pembentukan lembaga tersebut.

Disebutkan bahwa pembentukan sebuah badan jasa konstruksi memerlukan rekomendasi dari Menteri PUPR, kemudian dilanjutkan ke Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) untuk bisa memperoleh registrasi LSP.

Baca Juga : IKM Asal Sumatera Selatan Bertajuk “Sriwijaya Exhibition”

Dengan LSP tersebut nantinya Pusdiklat dapat merangkap sebagai LSP dengan Tempat Uji Kompetensi (TUK) ditempatkan di balai-balai diklat.

Perencanaan pembentukan LSP akan dimulai pada pekan kedua Oktober dan akan diikuti dengan penetapan tim pembentukan LSP, yakni Tim Sekretariat BPSDM yang membuat usulan identitas dengan surat keputusan (SK) dan menyusun panduan mutu tim pusdiklat.

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here