Pemasukan Pulau Komodo Rp400 Miliar/Tahun

19
183
Pemerintah Daerah Nusa Tenggara Timur  (Pemda NTT) menargetkan mendapat pemasukan Rp400 miliar per tahun dari Pulau Komodo apabila sudah diberlakukan sistem kartu anggota terhadap wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Pulau Komodo, Kabupaten Manggarai Barat.
Kupang, NAWACITA – Pemerintah Daerah Nusa Tenggara Timur  (Pemda NTT) menargetkan mendapat pemasukan Rp400 miliar per tahun dari Pulau Komodo apabila sudah diberlakukan sistem kartu anggota terhadap wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Pulau Komodo, Kabupaten Manggarai Barat.

Kepala Biro Humas dan Protokol Provinsi Nusa Tenggara Timur, Marius Jelamu kepada Antara di Kupang, Rabu, mengatakan pemberlakuan kartu anggota bagi wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Pulau Komodo merupakan gagasan cemerlang Gubernur Nusa Tenggara Timur, Viktor Bungtilu Laiskodat dalam melakukan penataan terhadap Pulau Komodo sebagai kawasan konservasi.

Ia mengatakan rapat kordinasi yang dipimpin Menteri Koodinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan serta dihadiri Menteri Pariwisata, Arief Yahya serta Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya berlangsung di Jakarta, Senin (30/9/2019) telah menyepakati untuk melakukan penataan Pulau Komodo sebagai kawasan konservasi yang dikelola secara bersama Pemerintah Pusat, Pemda NTT dan Pemda Kabupaten Manggarai Barat.

Salah satu gagasan Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat adalah membatasi kunjungan wisatawan dengan menerapkan sistem kartu anggota bagi wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Pulau Komodo.

“Kami tidak menghendaki Pulau Komodo nanti mengarah kepada mass tourism dimana wisatawan datang berbondong-bondong masuk ke Pulau Komodo tanpa memperhatikan lingkungan di Pulau Komodo sehingga terjadi perburuan liar dan kerusakan lingkungan. Kami inginkan Komodo menjadi liar sehingga kawasan itu seperti aslinya,” kata Marius Jelamu.

Baca Juga : Penerimaan Pajak Motor di Kudus 2019 Capai 81,61 Persen

Dikatakannya, wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Pulau Komodo wajib melakukan registrasi dan membayar biaya masuk ke Pulau Komodo sebesar 1.000 dolar Amerika Serikat per tahun atau sebesar Rp14.000.000.

“Bagi wisatawan mancanegara yang memiliki kartu member kapan saja bisa berkunjung ke Pulau Komodo selama kartu member berlaku,” tegas Marius Jelamu didampingi Kasubag Pers dan Pengelolaan Pendapat Umum Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi NTT, Valery Guru.

Comments are closed.