Delegasi DPD RI ke Kazakhatan Pelajari Pemindahan Ibu Kota

0
8
Delegasi DPD RI ke Kazakhatan Pelajari Pemindahan Ibu Kota
Nur Sultan, Kazakhstan, NAWACITA – Delegasi Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI yang dipimpin Wakil Ketua DPD Darmayanti Lubis mengunjungi Kantor Wali Kota Nur Sultan, Kazakhatan, untuk mempelajari bagaimana negara itu sukses memindahkan ibu kota negara itu dari Almaty ke Astana.

Di sela-sela Pertemuan Parlemen Negara-Negara Eurasia ke-4 (The 4th Meeting of Speakers of the Eurasian Countries’ Parliaments/MSEAP) yang digelar di Nur-Sultan, Ibu Kota Kazakhstan, Senin, Darmayanti didampingi Duta Besar RI untuk Kazakhstan Rahmat Pramono dan 11 Anggota DPD lainnya.

Rombongan diterima langsung oleh Deputi Wali Kota Nur Sultan, Malika Bektorova dan Direktur Astanagenplan Kazakhatan, Arseniy Pirozhkov.

Pada kesempatan itu, para delegasi mendengarkan paparan mengenai pemindahan ibu kota yang dilakukan negara tersebut dari Almaty ke Astana (kini Nur Sultan).

Selain mendapat gambaran proses pemindahan ibu kota yang dikemas dalam bentuk video, juga dipaparkan rencana pengembangan ibu kota Nur Sultan ke depan melalui maket dan miniatur berukuran besar.

“Kunjungan ini memberikan banyak pelajaran dan referensi bagaimana Kazakhstan berhasil memindahkan ibu kota termasuk bagaimana perkembangannya saat ini,” ujar Darmayanti.

Banyak yang bisa dipelajari, mulai dari proses keputusan penetapan ibu kota, pembangunan infrastruktur dasar, tahapan pemindahan kantor pemerintahan, kementerian dan lembaga hingga pengaturan tata kota.

Mulai dari mempertahankan alur sungai, penghijauan, pengaturan lalu lintas, pengaturan agar tidak terjadi urbanisasi ke kota baru, hingga pembiayaan pembangunan yang harus melibatkan swasta.

Baca Juga : Kabut Asap, Maskapai Wings Air Refund Tiket Penumpang

“Semua diatur secara tegas, termasuk pembatasan ketinggian bangunan hanya sampai 300 meter. Juga diatur bagaimana pasokan bahan makanan, kebutuhan barang-barang manufaktur,” ujarnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here