Gubernur Kalbar : Para Milenial Berinovasi mencari Peluang Usaha

0
130
Gubernur Kalbar : Para Milenial Berinovasi mencari Peluang Usaha
Gubernur Kalbar : Para Milenial Berinovasi mencari Peluang Usaha
Pontianak, NAWACITA – Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar), Sutarmidji mengajak para mahasiswa untuk bisa menciptakan lapangan pekerjaan dan menjadi pengusaha muda dengan berinovasi mencari peluang usaha dengan cara baru.

“Saya mengajak para milenial untuk berinovasi mencari peluang-peluang usaha dengan cara-cara yang baru dan berbeda. Saya yakin dan percaya, sebagai agen perubahan mahaiswa mampu menciptakan hal-hal baru dan membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat,” kata Sutarmidji saat menjadi pemateri dalam Kegiatan Meet and Great dengan tema “Sukses Saat Kuliah”, di Auditorium Untan, Minggu.

Pada kesempatan itu, dirinya mengajak kaum millenial, khususnya para mahasiswa untuk mencari peluang sebanyak-banyaknya mulai dari bangku kuliah.

Dikatakannya, para mahasiswa ini merupakan orang-orang terpilih dan kesempatan tersebut tidak boleh disia-siakan. Sesuai kebutuhan zaman, orientasi kuliah saat ini harus diubah. Mahasiswa pun harus memanfaatkan semua kelebihan untuk berinovasi dan kreatif.

Mantan Wali Kota Pontianak juga meminta, mahasiswa untuk kreatif dan inovatif, sehingga setelah nanti pasca kuliah ataupun saat sambil kuliah hendaknya sudah mampu berwiraswasta.

“Sehingga para lulusan dari sebuah perguruan tinggi, jangan hanya berpikir mencari pekerjaan, tetapi harus mampu membuka usaha agar bisa memberikan lapangan pekerjaan,” katanya.

Sutarmidji menambahkan, dalam menjalankan tugas mahasiswa sebagai agen perubahan bangsa, tentunya mahasiswa harus memiliki berbagai gerakan positif dan inovatif. Peran mahasiswa menurutnya, adalah mahasiswa harus mampu memperbaiki dirinya sendiri terlebih dahulu sebelum melakukan suatu tindakan.

“Apabila mahasiswa mampu memperbaiki dirinya sendiri, ia mampu memperbaiki hubungan di antara sesama manusi. Tidak mudah menyalahkan orang lain,” kata Sutarmidji.

Selain itu, mahasiswa juga diharapkan dapat menumbuhkan sikap tanggung jawab. Bersikap lebih bertanggung jawab pada diri sendiri dan orang lain.

“Melangkah lebih baik untuk hari esok, sebagai cermin dari orang lain, dan menjadi tolok ukur terhadap orang lain untuk membenahi suatu bangsa itu sendiri,” tuturnya.