BNI meningkatkan Keuangan Pegawai Milenial di Hari HPN

1
65
BNI meningkatkan Keuangan Pegawai Milenial di Hari HPN
BNI meningkatkan Keuangan Pegawai Milenial di Hari HPN
Manado, NAWACITA – PT BNI memberikan apresiasi dan meningkatkan perencanaan keuangan atau Financial Planning kepada sejumlah pegawai milenial di Hari pelanggan nasional (HPN) tahun 2019 ini.

“Menyambut Hari Pelanggan Nasional yang diperingati setiap 4 September, sejumlah pegawai BNI yang tergabung dalam kelompok milennial leader BNI di Wilayah Manado menggelar acara yang bertajuk “Nongkrong Interaktif (Nongki) Bareng Milenial”,” kata Pemimpin BNI Wilayah Manado Dandy P Sjamsudin di Manado, Rabu.

Dandy mengatakan BNI Wilayah Manado menjadikan ajang ini sebagai momentum spesial di Hari Pelanggan Nasional untuk memposisikan BNI sebagai bank yang selalu hadir dalam hidup nasabah.

“BNI berkeinginan untuk terus melayani serta memberikan pengalaman menarik dan berkesan bagi nasabah khususnya para milenial generasi penerus bangsa,” jelasnya.

Dia mengatakan, kegiatan ini merupakan bagian dari program “Bulan Layanan BNI” yang telah dilaksanakan setiap bulan, melibatkan pegawai muda BNI untuk melayani, berkarya dan berkontribusi memberikan yang terbaik untuk negeri.

“Di event Nongki Bareng Millennial ini, makan free, ilmu nambah, dan pulang bawa hadiah, spesial kan?,” kata Dandy.

Bertempat di Universitas Klabat Minahasa Utara dan BNI Digital Branch Banking Café Mantos 3, BNI bersama para generasi milenial bangsa ini saling berdiskusi, berbagi ilmu, ide dan cerita seputar pentingnya perencanaan keuangan (financial planning) dalam kehidupan.

Dandy mengatakan bahwa BNI ingin memberikan saran kepada para generasi milennial untuk lebih peduli dan produktif dalam mempersiapkan kebutuhannya di masa  datang.

“Penting bagi milenial memiliki tabungan dan investasi. Punya tabungan dan investasi akan menjamin kehidupan finansial kita di setiap tahap kehidupan,” jelasnya.

Saat ini saja, katanya, sudah banyak jenis tabungan dan investasi. Peruntukannya dapat disesuaikan dengan kebutuhan, seperti deposito, tabungan berjangka, reksa dana, saham, dan lainnya.

Tabungan dan investasi dapat menjadi pilihan untuk mewujudkan tujuan finansial mereka. Namun, dalam memilih investasi yang tepat, kita harus menyesuaikannya dengan karakter dan tipikal yang dimiliki masing-masing produk investasi.

“Pastinya para generasi milenial mendambakan kehadiran anak di masa yang akan datang kan? Tidak ada salahnya untuk mulai mempersiapkan biayanya, terutama dalam hal pendidikan,” jelasnya.

Biaya pendidikan di Indonesia tidak murah, katanya, tentunya mereka perlu siapkan dana pendidikan buat sang buah hati sehingga anak-anak mereka mendapatkan tingkat pendidikan yang baik.

“Meski masih berusia muda sekalipun, penting bagi generasi milenial untuk memulai mempersiapkan dana pensiun dari sekarang. Mereka tidak akan bekerja seumur hidup kan? Maka dari itu, mereka pasti membutuhkan dana untuk memenuhi kebutuhan di masa tuanya.

Sehingga, katanya, tidak ada salahnya untuk mempersiapkan dana pensiun sejak dini. Bahkan semakin awal mereka memulainya, maka semakin banyak dana yang terkumpul dalam tabungan pensiun mereka.

“Generasi ini handal dalam membagi waktu untuk bekerja, bersosialisasi, hingga berlibur. Mereka memang cenderung lebih ambisius, entah dalam berkarir maupun meraih gelar pendidikan, namun urusan kesehatan sepertinya bukan menjadi prioritas, termasuk memiliki asuransi,” jelasnya.

Anggapan “belum butuh” atau premi tiap bulan yang terlalu mengikat sering kali membuat milennial berpikir dua kali untuk mulai berasuransi. Sebenarnya dengan memiliki asuransi, mereka juga bisa mengambil manfaat investasinya. Jadi, selain memperoleh perlindungan kesehatan dengan membayar premi setiap bulannya, nantinya uang tersebut juga bisa menjadi tabungan mereka di kemudian hari.

Selanjutnya, bagaimana mereka mampu mengelola pemasukan dan pengeluaran. Jika perlu hutang, gunakan untuk hal yang produktif. Jadi, sah-sah saja memiliki utang dari manapun asalnya, baik itu itu kartu kredit, kredit tanpa agunan, dan lainnya asalkan ada pemasukan.

“Kondisi-kondisi itulah yang kadang tidak mereka pikirkan atau rencanakan”, ungkap Pemimpin BNI Kantor Wilayah Manado.

Musik akustik dan keceriaan para milennial leader BNI membawa suasana “Nongki Bareng Millennial” ini semakin hangat. Berbagai hadiah dan kejutan menarik pun dibagikan kepada para pengunjung Universitas Klabat Minahasa Utara dan BNI Digital Branch Banking Café Mantos 3. Mereka yang beruntung akan mendapatkan suvenir menarik dari BNI.