Ketidak Pastian Global, Menkeu Waspadai Kebijakan Trump soal Tarif Tambahan 10% ke China

0
165
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.

Jakarta, NAWACITA – Ketidak Pastian Global, Menkeu Waspadai Kebijakan Presiden Amerika Serikat Donald Trump kembali “menabuh” perang dagang dengan China. Trump berencana mengenakan tarif tambahan 10% pada produk impor China senilai USD300 miliar, mulai 1 September mendatang. Trump menambahkan bakal menaikkan tarif lebih lanjut bila Presiden China, Xi Jinping gagal mencapai kesepakatan.

Naiknya tensi perang dagang bisa menambah ketidakpastian global, yang berdampak pada perekonomian dunia, termasuk Indonesia. Karena itu, Menteri Keuangan Sri Mulyani mewaspadai kebijakan Trump soal pengenaan tarif 10% ke China.

“Ketidakpastian global akan terus terjadi kalau skenario pertama Trump soal perang dagang dengan China. Dan perang dagang ini sudah melemahkan ekonomi dunia di tahun ini,” ujar Sri Mulyani, sesuai tertulis dikutip dari SINDO, di Jakarta, Jumat (2/8/2019).

Sri Mulyani mengkalkulasi, dengan pengenaan tarif ini maka perekonomian dunia akan turun sampai 0,5%. Dan ini akan berdampak pada negara berkembang.

“Jadi seluruh negara-negara akan mengalami perubahan karena tantangan keseimbangan perdagangan yang berubah, terutama soal ekspor dan impor. Kita juga melihat tekanan terhadap perdagangan internasional dalam kinerja ekspor kita,” jelasnya.

Untuk itu, kata Sri Mulyani, pemerintah akan fokus meningkatkan pasar domestik untuk menahan pelemahan global yang bisa berdampak ke Indonesia. “Jadi kita harus terus waspada terhadap kemungkinan terjadinya perang dagang yang eskalasinya sudah disampaikan satu tahun terakhir,” ujarnya.

(Ant)