BPJT Beberkan Cara Mudah dan Aman Investor Masuk Bisnis Jalan Tol

0
165

Jakarta, NAWACITA – Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) merayu para investor asing agar mau menanamkan modal di bisnis jalan tol.

Pemerintah memang terus membangun tol untuk mendorong konektivitas sehingga bisa mendongkrak pertumbuhan ekonomi.

Kepala BPJT Danang Parikesit menyatakan, masih banyak investor asing takut untuk mengambil risiko investasi berbasis proyek. Untuk itulah, menurut Danang, ada tiga cara investasi yang mudah dan aman untuk para investor asing dapat memulai berinvestasi di bisnis jalan tol.

“Cara yang pertama adalah investasi melalui pasar modal. Saat ini sudah banyak Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) yang perusahaan terbuka, sehingga investor dapat dengan mudah membeli saham atau membuat kesepakatan strategis langsung dengan BUJT,” papar Danang dalam keterangan tertulis, Sabtu (27/7/2019).

Cara yang kedua, ia melanjutkan, yakni dengan membentuk konsorsium perusahaan dengan 33 BUJT di Indonesia. “BPJT selaku regulator dapat memfasilitasi investor yang tertarik dalam skema investasi ini,” ungkapnya.

“Tentu saja hal ini aman bagi investor asing, mengingat BUJT memahami betul proses bisnis jalan tol sehingga mengurangi risiko yang harus dihadapi oleh investor asing,” sambung Danang, dikutip Liputan6.

Sedangkan cara yang ketiga, ia mengajak para investor yang berani mengambil risiko untuk dapat coba melakukan investasi langsung ke Indonesia dengan membentuk BUJT dan menjadi lead konsorsium.

“Sudah ada beberapa perusahaan asing yang melakukan hal ini. Biasanya adalah perusahaan yang awalnya memang bergerak di bisnis jalan tol,” tukas Danang.

(Ant)