Menko Darmin Waspadai Kemarau Panjang Akan Berdampak ke Inflasi

0
191
Sawah Kering Dampak Kemarau Panjang.

Jakarta, NAWACITA – Menteri Koordinator (Menko) bidang Perekonomian, Darmin Nasution bakal mewaspadai dampak kemarau panjang yang diperkirakan terjadi sampai September, dan puncaknya pada Agustus, mendatang. Darmin menyebutkan musim kemarau akan bisa berdampak pada inflasi.

“Tapi intinya kita menyadari bahwa ada kepentingan yang lebih pada tahun ini dan kita terus memonitor dan menyiapakan langkah. Apa langkahnya? kita mau lihat Agustus ini seperti apa,” ujar Menko Darmin, dikutip SINDOnews, di Jakarta, Kamis 25/7/2019.

Sambung dia menekankan, bakal dilakukan monitoring secara intens hingga satu bulan ke depan. Karena biasanya pada bulan Agustus, di mana sedang puncak-puncaknya musim kemarau tiba justru terjadi panen raya.

“Kita masih terus mengikutinya jangan lupa panen raya, akan terjadi pada Agustus dan kita akan lihat dari sini ke Agustus seperti apa pengaruhnya. Sekaligus kita menunggu apakah ada perkembangan lebih baik atau lebih buruk,” jelasnya.

Sebeagai informasi, realisasi inflasi tahun 2018 kemarin tetap terjaga dalam sasaran nasional yakni sebesar 3,5% dengan deviasi 1%. Hal ini dilaporkan dalam hasil evaluasi Tim Pengendali Inflasi Pusat (TPIP) dan Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) tahun 2018.

(Ant)