Mendag Buka Pusat Promosi Produk Indonesia di Shanghai

1
17
Mendag Enggartiasto Lukita meresmikan ITPC di Shanghai/ Antara Foto-M. Irfan Ilmie

Shanghai, NAWACITA – Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita meresmikan Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) Shanghai. Fasilitas ini diharapkan bisa memaksimalkan kinerja ekspor nonmigas Tanah Air dan nantinya berkontribusi positif terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Menteri Perdagangan Eanggartiasto Lukita mengatakan pusat promosi merupakan yang pertama di Tiongkok. Peran dan keberadaan ITPC di negeri Tirai Bambu sangat penting lantaran merupakan pasar ekspor nonmigas terbesar Indonesia.

“Bukan hanya sebagai lembaga pemerintah, namun juga bertindak sebagai agen promosi bisnis dan produk Indonesia di kawasan Tiongkok. ITPC Shanghai siap melayani para pelaku usaha di Tiongkok selama 24 jam,” ujar Enggartiasto, melalui keterangan resminya, dikutip Medcom.id, Rabu, 24 Juli 2019.

Selain sebagai jendela promosi produk Tanah Air, peresmian ITPC Shanghai merupakan upaya meningkatkan neraca perdagangan kedua negara. Terlebih neraca dagang Indonesia hingga pertengahan 2019 masih defisit terhadap Tiongkok.

Dengan kehadiran ITPC, para pelaku usaha kedua negara juga akan lebih aktif melakukan kegiatan perdagangan sesuai dengan kesepakatan yang telah dicapai antara Presiden RI Joko Widodo dan Presiden Tiongkok Xi Jinping di pertemuan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Osaka, Jepang, bulan lalu.

Mendag mengharapkan ITPC Shanghai mampu melaksanakan tugasnya dengan baik dengan mengawasi kebutuhan apa saja yang diperlukan Tiongkok dan apa yang bisa disediakan Indonesia. ITPC Shanghai juga diharapkan menjembatani para pelaku usaha dari kedua negara sehingga terjalin komunikasi yang lebih intens kedepannya.

“Jika ada persoalan, bisa dikomunikasikan dengan kami di Jakarta agar dapat segera diselesaikan untuk meningkatkan nilai ekspor,” ucapnya.

Indonesia dan Tiongkok memiliki sejarah persahabatan yang sangat panjang sebagai mitra politik, ekonomi dan kebudayaan. Kehadiran ITPC Shanghai merupakan peningkatan hasil beragam kerja sama yang telah dicapai sebelumnya.

“Ke depannya, kami berkeinginan kembali membuka beberapa perwakilan di provinsi-provinsi lain. Minimal di Guangzhou,” pungkasnya.

(Ant)

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here