Sri Mulyani (Menkeu) : Kenaikan Gaji TNI Bakal Diumumkan Jokowi 16 Agustus

10
443

Jakarta, NAWACITA – Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani memastikan bakal ada kenaikan gaji untuk personel Tentara Nasional Indonesia (TNI). Kenaikan gaji TNI itu bahkan akan diumumkan pada 16 Agustus mendatang.

Pengumuman akan disampaikan oleh Presiden Joko Widodo saat nota keuangan APBN 2019. Sri Mulyani mengatakan, kenaikan gaji TNI yang diusulkan mulai berlaku pada tahun depan tersebut akan diputuskan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat pembacaan nota keuangan di DPR pada 16 Agustus 2019.

“Nanti ya 16 Agustus sama Pak Presiden,” ungkap Sri Mulyani di Gedung DPR, Jakarta, kemarin, dikutip Okezone.com.

Namun, Menkeu enggan buka suara mengenai besaran usulan kenaikan gaji TNI tersebut. Sebelumnya Badan Anggaran DPR mengusulkan agar pemerintah menaikkan gaji TNI.

“Nanti dululah ya , kita tunggu nota keuangan,” katanya.

Dia mengaku masih akan terus mengkaji kenaikan gaji pokok TNI pada 2020. Usulan ini dilontarkan oleh anggota Badan Anggaran (Banggar) DPR Hadi Wahyu Sanjaya dalam Pembahasan Pembicaraan Pendahuluan RAPBN dan RKP 2020 dengan agenda Penyampai an dan Pengesahan Laporan Panja-Panja.

“Nanti kita lihat, saya akan berikhtiar terus dalam meningkatkan profesionalisme. Tidak hanya TNI, tapi juga Polri dan aparat penegak hukum secara umum dan seluruh birokrasi,” tandasnya.

Seperti disampaikan dalam sidang kabinet, lanjutnya, kesejahteraan TNI merupakan bagian penting dalam membangun birokrasi dan aparat institusi publik yang baik.

“Jadi, nanti akan kita lihat dari sisi keuangan negara maupun dari sisi bagaimana skenario untuk membangun institusi yang baik,” paparnya.

Anggota Komisi I DPR Charles Honoris mengatakan bahwa selama ini negara sangat mengandalkan peran personel TNI dalam menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Re publik Indonesia (NKRI).

“Mereka ini sudah berkorban waktu bahkan jiwanya untuk kedaulatan NKRI. Karena itu, sudah selayaknya kita memberikan yang terbaik bagi personel TNI. Kalau Bu Menkeu mengatakan akan ada kenaikan kesejah teraan personel TNI, itu sejalan dengan yang sering disampaikan Presiden Jokowi,” ungkapnya.

(Ant)

Comments are closed.