Tingkatkan Pembangunan di Jabar, Ridwan Kamil Akan Terbitkan Obligasi

11
172
Gubernur Jabar Ridwan Kamil akan kembali tampil di film Dilan. (Huyogo Simbolon)

Jakarta, NAWACITA – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan pihaknya berencana akan menerbitkan surat utang atau obligasi pada tahun depan. Penerbitan obligasi tersebut untuk mendorong laju pembangunan Jawa Barat termasuk mendukung perkembangan ekonomi kreatif.

Menurut Ridwan Kamil, tidak hanya Jawa Barat yang berencana menerbitkan surat utang tetapi juga Jawa Tengah.

“Sedang dengan OJK, jadi dengan Jawa Tengah dengan Pak Ganjar juga kita sering diskusi. Jadi Jateng Jabar salah satu provinsi yang siap,” ujarnya di Perpustakaan Nasional, Jakarta, Senin (15/7).

Persyaratan untuk mengajukan surat utang adalah harus memiliki opini laporan keuangan Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Kedua provinsi ini pun sudah memperoleh WTP berkali-kali.

“Kan salah satu syaratnya WTP nya berkali-kali lah ya. Jadi dari sisi keuangan kita aman, sehingga pasti kita akan membayar kewajiban pada waktunya,” jelas Ridwan Kamil dikutip Liputan6.

Dia menambahkan, untuk mendorong percepatan pembangunan daerah tidak efisien jika hanya mengandalkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). Tetapi dibutuhkan tambahan energi melalui penerbitan surat utang.

“Kalau ngandelin hanya APBD, ibaratnya mobil. Jabar ini kecepatannya hanya 50 km per jam. Tapi dengan obligasi daerah, dengan public private partnership itu bisa naik 80 km per jam jadi bisa ngebut. Sekarang pun sudah 5,6 persen pertumbuhan ekonomi. Apalagi kalau ada obligasi daerah dan pengembangan KEK. Strategi saya menggabungkan pertumbuhan dan cara membiayai pembangunan,” tandas Ridwan Kamil.

(ANT)

Comments are closed.