Pilpres 2019 Usai, Pelaku Usaha Naikkan Harga Jual

187
317
Gambar/Ilustrasi.Ritel

Jakarta, NAWACITA – Pilpres 2019 Usai, kini beralih perhatian pada pelaku usaha naikkan tarif jual. Menurut hasil survei Grant Thornton merilis International Business Report (IBR) terbaru untuk periode semester pertama 2019. Data survei di 35 negara ini mencatat beberapa hasil menarik terkait tren pelaku bisnis global, termasuk Indonesia.

Pelaku bisnis Indonesia tercatat memiliki harapan tertinggi di dunia untuk menaikkan harga. 69% pelaku usaha berharap akan melakukan kenaikan harga jual di tahun yang akan datang. Hasil ini naik cukup signifikan dibandingkan dengan periode survei sebelumnya di semester II tahun lalu yang berada di level 55%.

“Selepas perhelatan Pilpres 2019, tampaknya pelaku usaha mulai menunjukkan sinyal positif dalam dunia usaha. Sebagai perbandingan level rata-rata Asean berada di 45% dan global jauh lebih rendah yaitu 32%,” tulis Grant Thornton, Sesuai dilansir Warta Ekonomi, dalam siaran berita, Rabu (10/7/2019).

Lebih jauh Grant Thornton menjelaskan bahwa keyakinan akan kondisi ekonomi Indonesia ke depannya juga tampak dari hasil survei lainnya. 79% pelaku usaha Indonesia berharap memeroleh pendapatan lebih tinggi dalam 12 bulan ke depan.

Level tersebut jauh melejit jika dibandingkan periode sebelumnya yang berada di level 62% dan masih jauh di atas rata-rata Asean di 54% dan pelaku usaha global yang berada di level 35%.

Secara umum, optimisme bisnis pelaku usaha Indonesia berada di urutan ke-3 dunia pada periode survei kali ini dengan level optimisme di 66% membuntuti Filipina dan Vietnam yang berada di posisi pertama dan kedua.

(Ant)

Comments are closed.