Jakarta,NAWACITA – Direktur PT Buyung Poetra Sembada, Budiman Susilo, menerangkan pembagian dividen ini sebagai apreasiasi perseroan terhadap para pemegang saham. PT Buyung Poetra Sembada Tbk (HOKI), emiten produsen beras premium cap Topi Koki, memutuskan membagikan dividen sebesar Rp26,16 miliar atau 29% dari laba bersih tahun 2018 yang tercatat sebesar Rp90,2 mlliar. Hal Itu diputuskan dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Tahunan untuk tahun buku 2018 yang digelar hari ini.

“Selain itu, kami tetap optimis bahwa prospek beras kemasan di Indonesia juga semakin baik sejalan dengan meningkatnva pendapatan per kapita masyarakat Indonesia,” kata Budiman di Gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Senin (17/6/2019).

Sebelumnya RUPS Tahunan tersebut, juga disetujui Laporan Tahunan dan Laporan Keuangan Tahunan Perseroan termasuk Laporan Direksi dan Laporan Tugas Pengawasan Dewan Komisaris untuk tahun buku 2018.

RUPS juga menyetujui perubahan Pasal 3 Anggaran Dasar Perseroan tentang Maksud dan Tujuan serta Kegiatan Usaha Perseroan untuk disesuaikan dengan ketentuan Lampiran Peraturan Kepala Badan Pusat Statistik Nomor 19 Tahun 2017 tentang Perubahan atas Peraturan Kepala Badan Pusat Statistik Nomor 95 Tahun 2015 tentang Klasiflkasi Baku Lapangan Usaha Indonesia (KBLI).

Untuk mengantisipasi hal tersebut, saat ini, HOKI tengah menambah kapasitas produksi pabrik berasnya di Subang, Jawa Barat, dari 30 ton per jam menjadi 50 ton per jam.

Selain itu, HOKI juga mulai membangun pabrik baru di Sumatra Selatan dengan kapasitas total 40 ton per jam yang rencananya akan selesai bertahap hingga tahun 2021. Tahap pertama ditargetkan selesai tahun 2020 untuk kapasitas produksi sebesar 20 ton per jam. Tahap selanjutnya sebesar 20 ton per jam ditargetkan rampung pada akhir 2021.

Baca juga :  Fadli Zon Menyumbang Teroris

“Melalui penambahan kapasitas baru serta pembangunan pabrik baru di Sumatra Selatan, kami berharap dapat mengurangi overtime di pabrik yang sudah ada serta dapat mengantisipasi pertumbuhan permintaan beras kemasan pada tahun ini dan masa mendatang,” katanya, dikutip Sindonews.com.

Dan pada kuartal I-2019, HOKI mencatat penjualan sebesar Rp398,6 miliar, atau meningkat 4,7%, dibandingkan kuartal yang sama tahun sebelumnya. Perseroan juga mencatatkan peningkatan laba bruto 1,8% pada kuartal I-2019 atau mencapai Rp55,2 miliar dibandingkan laba bruto periode yang sama sebelumnya.

(ANT)