Jakarta, NAWACITA – Menteri Keuangan (Menkeu) optimistis penggunaan Tunjangan Hari Raya (THR) akan mendongkrak pertumbuhan ekonomi Indonesia. Penggunaan THR untuk belanja konsumsi rumah tangga diperkirakan mencapai Rp20 triliun.

“Dampaknya kepada perekonomian tentu adalah dari sisi konsumsi. Biasanya terjadi adalah first round effect kemudian second round effect. First round effect apabila mereka membelanjakan keseluruhan THR itu, berarti Rp20 triliun di tingkat pusat, dan seluruh pemda nanti kita hitung jumlah totalnya, maka pengaruhnya adalah langsung,” ujar Sri Mulyani di Jakarta belum lama ini.

Dikutik Sindo.com, Menurut Menkeu, jika semua THR dibelanjakan maka itu akan mendorong pemasukan yang sangat tinggi bagi pendapatan negara. “Mungkin lebih besar karena ada ekstra entah untuk makanan, baju, atau perjalanan. Kita berharap pengaruhnya lebih besar dibandingkan bulan-bulan biasa,” jelasnya.

Menkeu berharap adanya THR yang disusul gaji ke-13 akan menumbuhkan perekonomian. Di luar itu, dia berharap dengan THR, masyarakat, termasuk PNS, TNI, Polri bisa merayakan Hari Raya secara baik. Imbuhnya (ANT)

Baca juga :  Menteri Bambang Ungkap Dua Penyebab Ekonomi Indonesia Mentok di 5,3%

Comments are closed.