Prabowo Teken Kontrak Dukungan, Jokowi Makan Siang Bareng Buruh

0
314

Tangerang NAWACITA – Berbeda dengan Prabowo Subianto yang mendapat dukungan dari para buruh tergabung dalam Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia KSPI) dengan menandatangani syarat-syarat dalam kontrak politik, capres Joko Widodo (Jokowi) mempunyai cara lain untuk mewujudkan keberpihakannya kepada kalangan pekerja.

Jokowi, capres petahana ini duduk bareng makan siang bersama para pekerja salah satu pabrik di Tangerang Banten.

Hal itu dilakukan Jokowi saat mengunjungi pabrik sepatu PT KMK Global Spors, di Tangerang, Banten, Selasa (30/4), satu hari menjelang peringatan Hari Buruh,

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi makan siang bersama para buruh perusahaan dengan lauk pauk bersahaja seperti tempe dan telor.

“Makan siang tadi ada tempe, ada telor, ada sayur. Saya kira ya secara gizi dan nutrisi untuk saya sudah sangat bagus,” kata Jokowi di pabrik PT KMK Global Spors, di Tangerang, Banten, Selasa (30/4).

Tak hanya makan siang bersama buruh, Jokowi pun menyempatkan diri berdialog, ia bertanya-tanya kepada buruh, terutama berapa lama mereka bekerja di perusahaan tersebut.

“Ada yang 15 tahun, 20 tahun, bahkan 23 tahun. Artinya, menurut saya atmosfer lingkungan yang ada di PT KMK ini saya kira memberikan sebuah atmosfer yang baik,” katanya.

Tak hanya itu, Jokowi juga membahas mengenai persoalan gaji yang diterima buruh. Buruh di perusahaan ini, mendapatkan gaji sekitar Rp 3,9 juta, dan itu dianggap cukup memberikan kepastian bagi buruh.

Menurut Jokowi, yang paling penting adalah meningkatkan produktivitas melalui rescaling maupun upscaling. Diharapkan, produktivitas para buruh bisa sekaligus meningkatkan pendapatan mereka.

“Kalau yang dihasilkan naik, saya kira yang menggaji, gajinya dinaikkan tak ada masalah,” tegasnya.

Diketahui, untuk merayakan Hari Buruh Internasional (May Day), ribuan buruh KSPI turun ke jalan kemarin, Rabu (1/5). Mereka menuntut perbaikan taraf hidup dari pemerintah melalui kenaikan upah minimum.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here