Pemerintah Resmikan 3 Kawasan Ekonomi Khusus Di Awal Tahun 2019

0
352

Jakarta, NAWACITA– Pemerintah mencanangkan pembukaan tiga Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) pada 2019 untuk meningkatkan pemerataan ekonomi.

Hal ini disampaikan Enoh Suharto Pranoto Sekretaris Dewan Nasional Kawasan Ekonomi Khusus. Ia menegaskan bahwa saat ini sedang disiapkan peluncuranya.

“Tahun depan akan ditetapkan. Tiga daerahnya yaitu Sungai Liat, Tanjung Gunung di Bangka Belitung dan dan Singosari di Jawa Timur,” kata Enoh dalam keteranganya kepada awak media di Gedung Kemenko Perekonomian Jakarta, Kamis (27/12 Kamis (27/12).

Dijelaskanya, kesiapan dari tiga kawasan ini sudah hampir 100 persen. Untuk itu proses peresmian akan diupayakan dalam waktu cepat.

“Itu masih harus berkoordinasi dengan ESDM, PT Timah dan Pemda, karena ada tambang timah di Bangka Belitung. Tapi yang tinggal proses dan tidak ada masalah, yang Singosari,” ujarnya.

Dibawah pemerintahan Jokowi-JK, KEK telah ditetapkan di 10 lokasi yang memiliki potensi daerah mulai dari Sei Mangke, Tanjung Api-Api, Tanjung Kelayang, Tanjung Lesung, Mandalika, Maloy Batuta Trans Kalimantan, Palu, Morotai, Sorong dan Arun Lhokseumawe.

Pemerintah mengharapkan kawasan ekonomi yang kaya sumber daya alam ini dapat diresmikan paling cepat pada Januari-Februari 2019.

 

 

(Red: Juan, Sumber Ant)