Beli Freeport, PT INALUM Sindikasi Dengan 11 Bank

3
344

Jakarta, NAWACITA– Pemerintah melalui PT Indonesia Asahan Alumunium (Inalum) telah mengakuisisi 51 persen saham PT Freeport Indonesia (PTFI) dari Freeport-McMoran Inc (FCX).

 

Dalam mendapatkan pendanaan sebesar USD 3,85 miliar, PT Inalum melakukan sindikasi dengan 11 bank nasional yang siap membantu pendanaan proses pembeliam saham tersebut.

 

Direktur Utama PT Inalum Budi Gunadi Sadikin menjelasakan, dana yang dibutuhkan setara Rp 54 triliun untuk membeli hak partisipasi Rio Tinto di PTFI dan 100 persen saham FCX di PT Indocopper Investama yang memiliki 9,36 perseh saham di PTFI

 

“Ada 11 bank yang siap membantu mendanai transaksi. (Untuk nama-nama banknya) belum bisa bicara,” ucap Budi di Gedung Kementerian Keuangan, Kemarin, (12/7).

 

Dia mengatakan, dana internal perseroan sendiri saat ini secara tunai sebesar USD 1,5 miliar. Dia juga mengungkapkan tidak akan menutup kemungkinan akan juga menggunakan ekuitas holding, namun tergantung kebutuhan perbankan.

 

“Tergantung kebutuhan banknya. Tapi, yang disampaikan Bu Menteri tadi total transaksinya USD 3,85 miliar,” ujarnya.

 

Adapun pembayaran pembagian yang akan dilakukan, dijelaskannya USD 3,5 miliar akan dibayarkan kepada Rio Tinto, sedangkan ke Freeport-McMoran Inc sebesar USD 350 juta.

 

“Ini deal-nya free way, jadi ada Freeport, ada Rio Tinto, dan ada kita,” paparnya.

 

Terkait target transaksi pembayaran divestasi 51 persen saham yang akan dilakukan, ia mengaku, dalam dua bulan sejak penandatangan ini dilakukan sudah dapat diselesaikan.

 

“Kami harapkan dalam dua bulan bisa selesai. Seluruh dokumentasi sekarang supaya transaction closing-nya jadi semua,” tegasnya.

 

 

 

 

(Red: Hulu, sumber TS)

 

Comments are closed.