Melihat Sosok Kartini, Nicke Widyawati Plt Direktur Utama PT Pertamina

10
422
Keterangan: Nicke Widyawati Plt Direktur Utama PT Pertamina

Jakarta, NAWACITA– PT Pertamina (Persero) mengangkat Nicke Widyawati sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Utama Pertamina sebagaimana keputusan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPS LB). Posisi Elia Massa Manik sebagai Direktur Utama dicopot dalam hasil RUPS LB tersebut .

 

Sebelumnya Nicke Widyawati menjabat sebagai Direktur Sumber Daya Manusia (SDM) sekaligus merangkap Plt Direktur Logistik, Supply Chain dan Infrastruktur di Badan Usaha Milik Negara (BUMN) minyak dan gas (migas) tersebut.

 

Di Pertamina, Nicke diangkat sebagai Direktur SDM Pertamina berdasarkan Surat Keputusan Menteri BUMN Nomor SK-256/MBU/11/2017, tanggal 27 November 2017 tentang Pengangkatan Anggota Direksi Perseroan (Persero) PT Pertamina.

 

Deputi bidang Usaha Pertambangan, Industri Strategis, dan Media Kementerian BUMN Fajar Harry Sampurno mengatakan, ditunjuknya Nicke Widyawati sebagai Plt Dirut Pertamina, karena Nicke saat ini merupakan Ketua Tim Holding Migas. “Sehingga, proses pembentukan holding migas akan lebih cepat meskipun terjadi pergantian direksi,” ujarnya di Gedung Kementerian BUMN pada beberapa hari lalu (20/04).

 

Dalam sebuah kesempatan, sosok Nicke pernah mendapatkan pujian dari Menteri BUMN Rini Soemarno. Ia mengatakan, Nicke adalah sosok yang dibutuhkan untuk meningkatkan kinerja SDM Pertamina. “Bu Nicke itu yang Pertamina perlukan,” kata Rini pada Selasa (28/11/2017).

 

Merangkum dari berbagai sumber, nama Nicke mulai mencuat sejak 2013. Ketika itu, ia memenangkan Anugerah Perempuan Indonesia 2013 dari Kementerian BUMN, dan penghargaan Women’s Work of Female Grace 2013 Indonesia dari Indonesia Asia Institute.

 

Perempuan jebolan Teknik Industri Institut Teknologi Bandung (ITB) ini, mengawali kariernya di dunia perbankan. Pada 1988, ia mendapat tawaran kerja di Bank Duta cabang Bandung. Setelah menyelesaikan kuliah pada 1991, ia meninggalkan dunia perbankan dan beralih ke dunia konstruksi.

 

Nicke masuk ke PT Rekayasa Industri (Rekin) pada 1991. Di tempat baru, Nicke banyak bertugas di lapangan, salah satunya menggarap proyek Pupuk Sriwijaya 1B di Palembang, Sumatra Selatan. Setelah itu, ia dipercaya menjadi Direktur Utama PT Mega Eltra–perusahaan BUMN yang bergerak di bidang kelistrikan dan peralatan teknik.

 

Dari Mega Eltra, karier Nicke yang merupakan Master Hukum Bisnis dari Universitas Padjajaran berpindah ke PT Perusahaan Listrik Negara (PLN). Di PLN, ia pernah berkarier sebagai Direktur Pengadaan Strategis 1 PLN. Nicke merupakan perempuan pertama yang dipercaya menjadi direktur di PLN.

 

 

 

 

 

 

(Red: Hulu, sumber sindo-liput)

Comments are closed.