Amerika Investasikan 10 Milliar Dollar untuk 11 Bidang Usaha di Indonesia

0
172
Presiden Jokowi saat menerima Wapres AS Mike Pence di Istana Merdeka, Jakarta (20/4). (Foto: Istimewa)

Nawacitapost.com – Investasi senilai lebih dari 10 miliar dolar AS atau sekitar Rp 133 triliun disepakati antara Amerika Serikat dan Indonesia. Kesepakatan ini merupakan salah satu realisasi di bidang ekonomi antara Amerika dengan Indonesia.

“Kesepakatan ini mencerminkan besarnya ketertarikan perusahaan Amerika untuk berinvestasi di Indonesia,” kata Wakil Presiden AS Mike Pence dalam sambutannya di Hotel Shangrila, Jakarta, Jumat (21/4).

“Saya dan Presiden Trump bersyukur bahwa hari ini adalah hari yang bersejarah bagi kemitraan Indonesia dan Amerika Serikat,” sambungnya.

Sebelas kesepakatan bisnis yang ditandatangani sebagian besar meliputi bidang energi, baik minyak dan gas, maupun energi terbarukan, serta teknologi informasi.

Sementara Wakil Presiden Jusuf Kalla juga menyambut baik kerja sama Indonesia dengan AS. Dia berharap, hubungan kedua negara bisa membuat masing-masing ekonomi menjadi lebih baik.

“Hubungan kita dengan negara suatu negara ini agar ekonomi lebih baik dan meningkatkat investasi. Amerika bukan hal baru, mereka sudah banyak investasi di migas,” ucap JK di tempat yang sama.

Investasi Amerika Serikat di Indonesia masuk dalam kategori 10 besar. Amerika Serikat berada di peringkat ke tujuh dengan nilai investasi USD 1,16 miliar yang terdiri dari 540 proyek. Adapun bidang usaha yang paling diminati investor Amerika Serikat ada empat. Keempatnya adalah energi, makanan, alat angkut, dan kimia/farmasi.

Kedatangan Wakil Presiden Amerika Serikat Michael Richard Pence atau biasa disebut Mike Pence ke Indonesia selama 2 hari, dari 20 April 2017 s/d 21 April 2017, bertujuan untuk membangun kerja sama strategis. AS menilai Indonesia memiliki beberapa nilai berharga, terutama di bidang ekonomi. (valerian)