Darmin Minta Wajib Pajak Manfaatkan Tax Amnesty

1
237
Foto: Net

Nawacitapost.com – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution meminta Wajib Pajak (WP) untuk memanfaatkan kesempatan Program pengampunan pajak atau tax amnesty. Karena Indonesia akan masuk dalam keterbukaan informasi  perpajakan  otomatis (Automatic Exchange of Information/AEoI) yang membuat masyarakat tak bisa sembunyi dari kewajiban membayar pajak.

“Sehingga mereka yang tidak menggunakannya malah tidak bisa tidur nanti,” kata dia dalam acara Reforma Agraria dan Perhutanan Sosial di Jakarta, Minggu (26/3/2017).

Saat ini, sambung Darmin, pemerintah tengah melakukan reformasi perpajakan.

“Silahkan buka harta Anda dengan baik, kalau terlambat kita juga akan tahu. Karena kita punya reformasi perpajakan yang sedang berjalan,” ujarnya.

Darmin menjelaskan, reformasi tersebut meliputi kerja sama dengan berbagai instansi. Kemudian, penguatan dari sisi teknologi.

“Di mana kita sudah membuat rencana kerjasama Pajak, Bea Cukai tidak terpisah-pisah. Kemudian IT kita betulkan,” ujar dia.

Sementara itu, Anggota Komisi XI DPR RI Mukhamad Misbakhun mengatakan, masalah tax amnesty bukan sekedar jumlah penerimaan negara yang berhasil didapatkan melalui program ini. Jauh lebih penting dari itu, tax amnestymenjadi awal dari reformasi perpajakan di Indonesia.

“Bagaimana pemerintah mereformasi perpajakan adalah lahirnya Direktorat Jenderal Pajak (DJP) sebagai laboratorium pertama reformasi perpajakan di Indonesia,” ujar dia dalam keterangan tertulis di Jakarta, beberapa saat lalu.

Mengenai realisasi penerimaan pajak yang sering kali tidak tercapai seperti pada 2015 lalu, lanjut dia, rendahnya penerimaan pajak disebabkan oleh situasi ekonomi yang masih melambat dan belum memungkinkan untuk bangkit kembali.

Sementara situasi ekonomi saat ini, kata Misbakhun, merupakan momentum paling tepat untuk pembenahan dari segala sisi dengan melakukan evaluasi secara menyeluruh di sektor perpajakan.

Misbakhun yakin jika masyarakat telah merasakan pentingnya pajak maka dengan sendirinya akan terbentuk kesadaran untuk mendukung penerimaan pajak demi kesejahteraan bersama. Oleh karena itu, dalam situasi apapun, telah menjadi kewajiban masyarakat untuk mendukung berjalannya penerimaan negara melalui pajak. (hadi)

Comments are closed.