Pemerintah Tawarkan Kepada Swasta untuk Investasi Peternakan di Lapas Nusakambangan

10
198
Foto: DW

Nawacitapost.com – Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN), Bambang Brodjonegoro, mengatakan pemerintah membuka kesempatan berinvestasi bagi swasta di sekitar lembaga pemasyarakatan (lapas) Nusakambangan, Cilacap, Jawa Tengah. Proyek itu akan dilaksanakan dengan skema Kerja Sama Pemerintah – Badan Usaha (KPBU).

Bambang mengatakan, pemerintah akan memanfaatkan wilayah di sekitar lapas untuk mengundang investasi di bidang pengembangan sektor peternakan dan infrastruktur.

“Nanti yang mengurus ternak di sana adalah narapidana lapas,” kata Bambang, di sela-sela acara Underwriting Network di Kuta, Bali, Jumat (10/3/2017).

Nantinya, lanjut Bambang, sebagian dari keuntungan investasi yang didapat akan digunakan untuk membantu memelihara infrastruktur penjara. Ia berharap proyek ini  siap untuk ditawarkan ke investor paling lambat akhir tahun 2017.

Proyek tersebut merupakan salah satu dari 21 proyek senilai Rp 119,58 triliun yang sedang dipersiapkan pemerintah dengan skema KPBU. Sejauh ini sudah ada 17 proyek yang dilelang dengan skema KPBU. Total investasinya sebesar Rp 161 triliun.

Dalam waktu dekat, pemerintah juga akan menawarkan sebuah proyek pengolahan air minum. Nilai investasi dari proyek tersebut mencapai Rp 1,09 triliun. (jar)

  

Comments are closed.