Indonesia Nilai KTT IORA Penting untuk Kemajuan Ekonomi

10
258

Nawacita.com – Leader’s Summit atau Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Indian Ocean Rim Association (IORA) yang akan digelar di Jakarta, 5-7 Maret ini, diikuti oleh 16 pemimpin negara dan 7 utusan setingkat menteri.

Indonesia melihat pentingnya kerja sama negara-negara di lingkar luar Samudera India khususnya yang tergabung dalam IORA untuk mengambil visi strategis agar dapat memanfaatkan besarnya potensi di kawasan, maka kestabilan dan perdamaian harus terus dipelihara.

“Inilah arti penting IORA Concord yang akan dihasilkan dalam IORA Leader’s Summit,” kata Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno L.P. Marsudi dalam keterangannya kepada wartawan di Kementerian Luar Negeri (Kemlu), Jakarta, Jumat (3/3/2017) siang.

Ditegaskan Menlu, bahwa Indonesia telah menunjukkan kepemimpinannya di APEC dan di ASEAN. Kini, saatnya Indonesia menampilkan kepemimpinan di IORA dengan menyelenggarakan konferensi tingkat tinggi yang pertama dan menghasilkan concord.

IORA concord, jelas Menlu, akan memberikan platform bagi negara-negara untuk menghadapi tantangan masa kini dan mendatang. IORA bercita-cita memajukan berbagai kerja sama di bidang ekonomi. Namun sejarah membuktikan, pertumbuhan ekonomi tidak akan berkelanjutan tanpa didukung kestabilan dan perdamaian.

“Indonesia ingin memastikan Samudera India yang stabil dan damai. Concord menjelaskan norm setting agar negara-negara berkomitmen terhadap hukum dan perjanjian internasional, termasuk UNCLOS 1982,” ungkap Retno.

Ia menyebutkan, visi dalam concord ini tidak terlepas dari implementasi pilar Poros Maritim pemerintahan Presiden Joko Widodo. Melalui diplomasi maritim, Indonesia akan mengisi kekosongan di Samudera India dan memanfaatkan peluang ekonomi. (rian)

Comments are closed.