www.nawacitapost.com
ASEAN Para Games 2022 Resmi Dibuka (Dok. CNN)

Jakarta, NAWACITAPOST.COM – ASEAN Para Games XI resmi dibuka oleh Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin di Stadion Manahan, Solo, Sabtu (30/7/2022). Mengusung tema kesetaraan, upacara pembukaan ini menampilkan sejumlah penampil difabel. Hal ini sesuai dengan tema ASEAN Para Games XI, yakni Striving for Equality.

Baca Juga : Jangan Sampai Terlewat! ASEAN Para Games 2022 Segera Dilaksanakan di Solo

Dalam upacara pembukaan ini, Wapres menandai pembukaan ASEAN Para Games 2022 dengan mencabut keris. Kemudian maskot ASEAN Para Games, yakni Rajamala muncul di salah satu panggung.

“Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, ASEAN Para Games XI tahun 2022 secara resmi saya katakan dibuka,” ujar Ma’ruf Amin, Sabtu (30/7/2022) dikutip dari detikjateng.

Wapres kemudian mengucapkan selamat atas penyelenggaraan ASEAN Para Games 2022. Dia juga memberi selamat kepada para atlet yang akan berlaga selama sepekan.

“Selamat datang di Indonesia bagi atlet yang mewakili 11 negara. Surakarta merupakan kota yang kaya akan kebudayaan. Di kota ini PON pertama kali diselenggarakan di tahun 1948,” ujar Ma’ruf Amin.

“Tahun ini Kota Surakarta menjadi tuan rumah ASEAN Para Games kedua kalinya. Setelah menyelenggarakan ASEAN Para Games keenam tahun 2011. Saya mengucapkan selamat pada Gubernur Jawa Tengah, khususnya Wali Kota Solo atas kerja keras dalam mempersiapkan ASEAN Para Games 2022,” sambungnya.

Rangkaian upacara pembukaan ASEAN Para Games 2022 ini juga dimeriahkan dengan sejumlah acara. Beberapa penghibur diantaranya Arda, Endah Laras, Dodit Mulyanto, Ki Purbo Asmoro, Nella Kharisma, dan Pecas Ndahe.

Acara juga dihadiri Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang sempat muncul di awal acara dengan membunyikan kendang. Wali Kota Solo yang juga Ketua Indonesia ASEAN Para Games Organizing Committee (Inaspoc) Gibran Rakabuming Raka juga muncul menaiki kuda.

Baca juga :  KEJUARAAN SELANCAR DUNIA DI BALI BERDAMPAK POSITIF BAGI PARIWISATA INDONESIA

Adapun sebanyak 15 ribu penonton ini terdiri dari 10 ribu tamu undangan dan sisanya bisa diakses oleh masyarakat umum. Selain hiburan, ada sejumlah atraksi dari para atlet difabel. Di antaranya ialah penyalaan obor besar. Rangkaian upacara pembukaan ini ditutup dengan pesta kembang api.