Nawacitapost.com
Hari Keluarga Nasional

Jakarta, NAWACITAPOST.COM – Hari ini, tanggal 29 Juni 2022, dirayakan sebagai Hari Keluarga Nasional (Harganas). Perayaan tersebut ditujukan sebagai momen untuk memperkuat fungsi keluarga.

Disitat dari buku Panduan Hari Keluarga Nasional 2021, peringatan Hari Keluarga Nasional berawal saat Belanda menyerahkan kedaulatan Indonesia secara utuh. Seminggu kemudian, tepatnya pada 29 Juni 1949, para pejuang kembali kepada keluarganya.

Pada awal kemerdekaan, terjadi angka perkawinan dini yang tinggi dan meningkatnya angka kelahiran anak. Diperkirakan, pada saat itu pengetahuan keluarga tentang usia nikah sangat rendah. Pada sisi lain, muncul keinginan kuat untuk mengganti keluarganya yang gugur dalam peperangan.

Akhirnya, pada 29 Juni 1970 pemerintah gencar memperkuat program Keluarga Berencana (KB). Hal ini dilatarbelakangi oleh angka infeksi dan gizi buruk pada anak meningkat, akibat perkawinan usia dini dan angka kelahiran yang tinggi. Akhirnya, pada 1993, Presiden Soeharto menetapkan 29 Juni sebagai Hari Keluarga Nasional.

Peringatan ini baru mendapat legalitas pada 15 September 2014, melalui Keputusan Presiden Nomor 39 tahun 2014 tentang penetapan 29 Juni sebagai Harganas, dan bukan hari libur.

Baca juga :  Tatu-Pandji Pemimpin Kabupaten Serang Terpilih, Pilkada Rawan Terbantahkan