www.nawacitapost.com

Jakarta, NAWACITAPOST.COM – Berkolaborasi antara Gojek Indonesia dan PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) kini pengguna moda transportasi kereta rel listrik (KRL) Jakarta-Bogor-Depok-Tangerang-Bekasi (Jabodetabek) bisa menggunakan moda transportasi satu ini dengan tidak perlu lagi menggunakan kartu uang elektronik.

Gojek Indonesia kini menyediakan fitur GoTransit untuk memudahkan penggunanya membeli tiket KRL Commuter Line melalui aplikasi Gojek. Dengan adanya layanan ini cara pesan tiket KRL di aplikasi Gojek menjadi lebih mudah.

Mengutip dari MONEY.KOMPAS.COM, Direktur GoTo sekaligus Head of Indonesia Sales and Operation Gojek, Catherine Hindra Sutjahyo mengatakan, kerja sama ini merupakan langkah Gojek untuk membidik sekitar 1,2 juta penumpang KRL untuk bertransaksi menggunakan aplikasi Gojek.

“Berdasarkan data kita, 50 persen atau 1 dari 2 pengguna GoRide dan GoCar itu dari dan menuju stasiun. Mereka either ke sana (stasiun) atau dari sana (stasiun),” ujarnya di Stasiun Juanda, Jakarta, Rabu (22/6/2022).

Fitur GoTransit sudah diluncurkan sejak November 2021 di mana pengguna Gojek dapat merencanakan perjalanan dari titik perjalanan awal hingga tujuan akhir dalam satu platform. “Jadi misal mau pergi dari titik A ke titik B itu rute tercepat yang mana, yang paling confident yang mana, itu disambungin,” kata Catherine.

Kemudian pada Rabu (22/6/2022), fitur GoTransit tersebut dilengkapi dengan layanan pembelian tiket KRL Commuter Line sehingga penumpang KRL tidak perlu lagi menggunakan kartu pembayaran elektronik. “Jadi mereka bisa gunakan convinience ini menggunakan satu aplikasi di semua tiketnya. Jadi gak perlu pindah-pindah dan mengantre lagi,” ucapnya.

Berikut ada cara pesan tiket KRL di aplikasi Gojek yaitu:

  1. Buka aplikasi Gojek.
  2. Klik menu GoTransit yang bergambar bus.
  3. Klik “Beli tiket” di banner yang bergambar KRL.
  4. Masukkan stasiun asal dan stasiun tujuan.
  5. Layar aplikasi akan menampilkan rincian jumlah pembayaran dan masa berlaku tiket yang akan dipesan.
  6. Pilih metode pembayaran, bisa menggunakan GoPay maupun LinkAja. Klik “Bayar tiket”.
  7. Layar aplikasi akan memunculkan kode QR untuk di-tap di gate stasiun saat masuk stasiun awal maupun keluar stasiun tujuan.
Baca juga :  Hadapi New Normal, Penumpang KRL dilarang Bicara dan Balita dilarang Naik

Selain itu, pengguna juga dapat melihat jadwal kedatangan KRL di menu GoTransit tersebut dengan mengklik menu Kereta. Fitur ini juga dapat digunakan untuk moda transportasi lain, seperti Transjakarta, bis, MRT, dan angkot. Melalui GoTransit, pengguna dapat membeli tiket KRL hingga lebih dari 10 tiket sekaligus sehingga akan lebih memudahkan saat melakukan perjalanan bersama rombongan.