Nawacitapost.com

Jakarta, NAWACITAPOST.COMMenteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan, kereta gantung kemungkinan akan menjadi salah satu alat transportasi yang dikembangkan di Ibu Kota baru Indonesia di Kalimantan.

Selain sebagai alat transportasi antar kantor di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara , kereta gantung juga bakal dibangun untuk mendukung aktivitas pariwisata.

“Jadi kita akan gunakan kereta gantung ini menjadi alat transportasi dari kantor ke kantor, dan juga akan kita terapkan pada tempat wisata seperti di Bali,” kata Menhub dalam konferensi pers virtual, Rabu (22/6/2022).

Indonesia membuka peluang kerja sama dengan Jepang untuk membangun kereta gantung (hanging train) di Ibu Kota Nusantara, Kalimantan Timur (Kaltim).

Wacana tersebut disampaikan oleh Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi dalam kunjungan kerja ke Jepang. Pada kesempatan tersebut, dia mendatangi kota Chiba dan melihat kereta gantung yang beroperasi di sana.

“Saya juga sempat tadi pagi mengunjungi satu tempat namanya Chiba, di mana di sana ada hanging train atau kereta gantung,” katanya dalam konferensi pers, Rabu (22/6/2022).

Budi menjelaskan kereta gantung adalah alat transportasi yang umum digunakan di tempat-tempat wisata. Rencananya, pihaknya akan menginisiasi hal tersebut untuk dibangun di IKN.

Dia menjelaskan telah mendapat perintah dari Presiden Joko “Jokowi” Widodo dan Bappenas untuk mempelajari sistem transportasi di IKN untuk pergerakan penduduk di ibu kota baru tersebut.

“Ya jadi kita akan menggunakan hanging train ini menjadi alat transportasi dari kantor ke kantor, dan juga kita akan lakukan di tempat wisata seperti di Bali,” tuturnya.

Baca juga :  Korlantas Polri Gelar Rapat bersama Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi Bahas Larangan Mudik