Ketua Umum DPP HIMNI Marinus Gea memberi sambutan di Musda ke -3 HIMNI Jabar, Soreang, Kabupaten Bandung, Sabtu (20/11/2021). Foto : FN.

Jakarta, NAWACITAPOST. COM – Berpolitik cerdas dan mencerahkan, sejatinya adalah berbagi. Bisa dalam bentuk pengkaderan atau sharing tentang apa yang didapat dan dialaminya. Itulah yang ingin diwujudkan Politisi Senayan asal Nias Marinus Gea biasa disapa MrG dari Dapil II Banten yang juga Ketua Umum DPP Himpunan Masyarakat Nias Indonesia (HIMNI).

Marinus Gea: Pengurus HIMNI Jangan Ragu Masuk ke politik

Di era MrG menakhodai HIMNI ini, ada sejumlah kader HIMNI di daerah terpilih sebagai legislator daerah di luar Sumut dan Kepulauan Nias (Kepni).

Sebut saja Sozifao Hia yang pernah jadi ketua DPD  HIMNI Riau, terpilih sebagai anggota DPRD Kabupaten Pelalawan, Provinsi Riau periode 2019 -2024. Utusan Sarumaha Ketua DPD HIMNI Kepri jadi anggota DPRD Kota Batam 2019 -2024,  dan (Alm) Meilasa waruwu anggota DPRD Kota Padang 2019 -2024.

Marinus Gea ingin mendorong supaya  pengurus HIMNI di daerah,  yang jadi legislatif nanti tampil di pentas politik Pileg serentak 2024 untuk tingkatan Provinsi, Kabupaten atau Kota di luar Sumut bertambah jumlahnya, dan syukur-syukur bisa terpilih di rumah rakyat tersebut.

Hal ini bukan berarti HIMNI sebagai underbow (organisasi sayap) partai politik (parpol). Pasalnya, HIMNI adalah organisasi massa, bukan organisasi politik. Apalagi sampai mengarahkan kader untuk memilih satu warna parpol.

Himbauan MrG ini pernah disampaikan dalam sambutannya di Musda dan pelantikan HIMNI Jabar, di kawasan Soreang, Kabupaten Bandung, Sabtu 20 Nopember 2021. “Potensi HIMNI Jabar sangat mumpuni. Tidak boleh dipungkiri bahwa HIMNI harus mengerjakan hal hal yang terkait politik. Tentu untuk politik kebangsaaan dan kenegaraan,” jelas MrG pada sambutan saat itu.

Kita tidak bisa hanya berteori, tapi harus mengeksekusi. Caranya bergabung menjadi pengurus dalam partai politik di wilayah masing-masing, tuturnya.

Baca juga :  Presiden Jokowi Intruksikan BNPB Segera Rehabilitasi dan Rekonstruksi Pascagempa Di Lombok

Untuk hal itu, HIMNI juga mendukung kader-kadernya untuk mempersiapkan diri menjadi calon legislatif di tingkatan daerah seluruh Indonesia.

Mewujudkan, hal itu kata MrG, sudah tidak boleh berpura-pura malu. Melainkan wujudkan, bahwa HIMNI sebagai wadah penggemblengan pemimpin-pemimpin di masa depan, baik di daerah masing-masing, pungkasnya.