KEMENKO PMK, NawacitaPost.com Pesta olahraga antar bangsa-bangsa Asia Tenggara atau SEA Games 2021 resmi dibuka di Stadion My Dinh, Ha Noi, Vietnam pada Kamis (12/5) malam. Pelaksanaan ke-31 ajang olahraga dua tahunan negara-negara ASEAN ini sempat tertunda setahun akibat pandemi Covid-19 yang melanda dunia.

Tema yang diusung dalam penyelenggaraan SEA Games Vietnam 2021 adalah “For a Stronger South East Asia” dengan makna “Asia Tenggara yang Kuat”. Perhelatan pesta olahraga ini resmi berlangsung mulai 12 Mei hingga 23 Mei 2022.

Pesta pembukaan berlangsung meriah. Parade tari-tarian, defile dari tiap perwakilan atlet dari negara peserta, dipadukan dengan teknik visual Augmented Reality dan Extended Reality yang canggih tersaji apik di lapangan.

Sebanyak 30 atlet Indonesia tampil pada defile pembukaan SEA Games Vietnam 2021. Bendera Merah Putih dibawa oleh atlet atletik Emilia Nova. Di belakang Emilia Nova terlihat beberapa atlet, pelatih, dan ofisial dari berbagai cabang olahraga.

Kontingen Indonesia mengenakan jas berwarna merah, kemeja putih, serta celana putih. Tak lupa ditampilkan ragam adat dan budaya dengan penggunaan aksesori ragam model penutup kepala dari berbagai daerah di Indonesia.

Dalam prosesi pembukaan SEA Games Vietnam 2021 ini, hadir Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy, yang ditemani oleh Menteri PUPR Basuki Hadimuljono. Mereka menyambut kontingen Indonesia yang berjalan di tengah arena dari tribun VIP.

Kemudian, di puncak acara, Presiden Vietnam Nguyen Xuan Phuc secara resmi membuka perhelatan SEA Games ke-31 ini yang menandai dimulainya event olahraga terbesar untuk bangsa-bangsa di kawasan Asia Tenggara tersebut.

Sekitar 10 ribu atlet dari 11 negara Asia Tenggara akan tampil dalam pesta olahraga dua tahunan ini. Sepuluh di antaranya adalah anggota persatuan bangsa-bangsa Asia Tenggara atau ASEAN, ditambah Timor Lester. Akan ada 40 cabang olahraga yang dipertandingkan dalam SEA Games edisi Vietnam ini.

Baca juga :  Pergeseran Jadwal Timnas Indonesia U-23 vs Timnas Thailand U-23, Cek Jadwal Lengkap Semifinal Sepakbola Putra SEA Games 2021

Indonesia sendiri mengirimkan 499 atlet untuk bertanding dan berlomba pada 32 cabang olahraga. Jauh lebih sedikit dibandingkan dengan ketika SEA Games 2019 di mana ketika itu kontingen Indonesia berangkat ke Filipina dengan berkekuatan 841 atlet.

Beberapa pertandingan, termasuk laga perebutan medali sudah dilangsungkan sebelum upacara pembukaan yang berlangsung malam ini.

Sejauh ini, Indonesia telah menempati posisi tiga, dengan koleksi tiga emas, empat perak dan satu perunggu. Sebanyak tiga emas kontingen Indonesia diraup dari cabang olahraga dayung (dua emas) dan pencak silat (satu emas).(FN)