Nawacitapost.com

Jakarta, NAWACITAPOST.COM – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) DKI Jakarta mengadakan tur wisata religi yang menjadi bagian dari kegiatan #RamadhandiJakarta dengan konsep walking tour.

Kegiatan ini dipandu oleh pramuwisata profesional dari Himpunan Pramuwisata Indonesia dan dikuti deretan peserta, termasuk kreator konten.

“Di era saat ini, Jakarta kini tengah mendorong kegiatan wisata urban yang dilakukan dalam lingkungan perkotaan dengan berbagai daya tarik atau atraksi di dalamnya, yang di mana salah satu aspeknya adalah religi,” kata Kepala Bidang Pemasaran dan Atraksi Disparekraf DKI Jakarta Hari Wibowo melalui keterangan resmi, dikutip Senin (18/4/2022).

Tur wisata ini mengunjungi beberapa tempat ibadah di enam wilayah DKI Jakarta dan bebrapa tempat makam bersejarah. Dengan harapan agar lokasi tersebut menjadi destinasi saat berwisata.

Kegiatan ini dibagi menjadi dua sesi, yakni sesi pertama pada 16 April 2022 dan sesi kedua akn berlangsung pada 23 April 2022.

Untuk sesi satu, pelaksanaan tur wisata religi diperuntukkan di tingkat Dinas, Jakarta Selatan, dan Kepulauan Seribu. Sementara untuk sesi dua mendatang, diperuntukkan di wilayah Jakarta Pusat, Jakarta Barat, Jakarta Utara, dan Jakarta Timur.

Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonom Kreatf Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi DKI Jakarta, yang di wakilkan oleh Bapak Hari Wibowo selaku Kepala Bidang Pemasaran dan Atraksi menjelaskan, bahwa pariwisata ini kian dinamis. Berbagai pola dan fenomena dalam kegiatan wisata semakin berkembang.

“Di era saat ini, Jakarta kini tengah mendorong kegiatan wisata urban yang dilkaukan dalam lingkungan perkotaan dengan berbagai daya tarik, atau atraksi di dalamnya, yang di mana salah satu aspeknya adalah religi. Wisata religi sendiri memuat kegiatan ziarah  dan keagamanan lainnya yang menjadi daya tarik wisatawan,” kata Hari Wibowo dikutip dari Liputan6.

Baca juga :  Bongkar Kasus Korupsi Lahan Rusun, Ferdinand: Anies Baswedan di Bidik KPK jadi Tersangka?

“Sepertu yang kita ketahui bersama, Jakarta merupakan salah satu ota yang kental akan sejarah islam, yang dibuktikan banyaknya masjid-masjid bersejarah yang hingga kini masih terjaga. Hadirnya wisata religi membuat perayaan bulan suci Ramadhan pada tahun ini menjadi semakin lebih menarik,” lanjutnya.

Destinasi yang dikunjungi cukup beragam. Untuk tigkat Dinas dimulai dari Masjid Ramlie Mustofa, Masjid Lautze, Masjid Makmur Raden, Salehdan Masjid Agung Al-Azhar.

Untuk wilayah Jakarta Selatan dimulai dari Masjid Hidayatullah, Makam Habib Kuncung, Masjid Baba Alun

Kepulauan Seribu dimulai dari Makam Sultan Maulana Mahmud Zakaria, Makan Habib alo Zen Al-Aidid, dan Makan Raja Pandita.

Wilayah Jakarta Barat dimulai dari Masjid Hasyim Azhari, Masjid Jami Annawier, Masjid Langgar Tinggi, Masjid Angke, Masjid As Surur

Sedangkan untuk wilayah Jakarta Pusat dimuali dari Masjid Istiqlal, Masjid Al Riyadh (Makan Habib Ali Al Habib Ali Al Habsyi), Masjid Cut Meutia,Makam Habib Abdurrahman Al Habsy.

Wilayah Jakarta Utara dimulai dari Masjid Al Alam Marunda, Makam Mbah Prio, Masjid Islamic  Centre, Masjid Kramat Luar Batang

Wilayah Jakarta Timur dimulai dari Masjid At-Tin, makam Al-Hawi, Makam Pangeran Jayakarta.