Badung, NAWACITAPOST – Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menggelar Rapat Koordinasi Teknis (Rakortek) Perangkat Gubernur sebagai Wakil Pemerintah Pusat (GWPP). Rakortek tersebut berlangsung dari tanggal 26 hingga 28 Januari 2022 di Nusa Dua, Badung, Bali.

Dalam laporannya, Ketua Panitia yang merupakan Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Administrasi Kewilayahan (Adwil) Safrizal ZA menjelaskan, gubernur berperan penting dalam menjaga keseimbangan hubungan antara pemerintah pusat dengan daerah. Terlebih Indonesia memiliki wilayah yang begitu luas, dengan jumlah daerah otonom yang juga sangat banyak. Melalui kebijakan desentralisasi yang diterapkan pemerintah, tidak semua tugas dan fungsi dapat dikelola oleh pemerintah pusat.

“Akhirnya menempatkan Gubernur selaku Wakil Pemerintah Pusat bukanlah suatu kepentingan politik semata atau political interest,” ujar Safrizal dalam laporannya pada pembukaan Rakortek Perangkat GWPP, Kamis (27/1/2022).

Menurutnya, penugasan GWPP merupakan suatu kebutuhan dasar yang menjadi salah satu pendukung keberhasilan penyelenggaraan pemerintahan di Indonesia. Melalui peran itu, gubernur bertugas memimpin koordinasi, sinergi, dan kolaborasi yang menjadi kata kunci pelaksanaan misi untuk mencapai visi sehari-hari di daerah. GWPP juga memiliki berbagai tugas lainnya sebagaimana diatur dalam peraturan.

“Dalam konteks praktik Gubernur selaku Wakil Pemerintah (Pusat) mendapatkan pelimpahan kewenangan dari eksekutif yang dalam hal ini adalah pemimpin tertinggi adalah presiden, baik desentralisasi, dekonsentrasi, tugas pembantuan adalah pelimpahan tugas dari pemimpin eksekutif tertinggi,” terang Safrizal.

Baca Juga : Presiden Jokowi Dorong Investasi pada Ekonomi Digital Indonesia yang Berkembang Pesat

Berdasarkan Undang-Undang (UU) Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, GWPP menerima sejumlah tugas dan wewenang, yang kemudian diatur lebih lanjut dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 33 Tahun 2018 tentang Pelaksanaan Tugas dan Wewenang GWPP. Dalam melaksanakan tugasnya, GWPP dibantu oleh jajaran perangkat daerah.

Baca juga :  Lonjakan Covid-19 Makin Tinggi, Airlangga Hartarto Menyoroti Ganjil-Genap

Sebagai informasi, kegiatan Rakortek tersebut dihadiri oleh sejumlah gubernur, satuan kerja GWPP, di antaranya Kepala Biro Pemerintahan, Kepala Bappeda, Inspektorat Provinsi, dan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP). Kagiatan yang dibuka langsung oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian itu juga menghadirkan sejumlah narasumber baik dari Kemendagri maupun kementerian lainnya. (Kornelius Wau)

YouTube player