Jakarta, NAWACITAPOSTKantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta melakukan pemusnahan fisik arsip substantif Fidusia periode tahun 2011 s.d. 2013 di Gudang Arsip, Jum’at (31/12).  Kegiatan pemusnahan ini merupakan salah satu amanat dalam Permenkumham Nomor 54 Tahun 2016 tentang Perubahan Atas Permenkumham Nomor 35 Tahun 2013 tentang Jadwal Retensi Arsip dan Prosedur Penyusutan Arsip serta Surat Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia Nomor: B-KN.00.03/465/2021 tanggal 23 Desember 2021 tentang persetujuan pemusnahan arsip.

Sebanyak 197.388 berkas fidusia periode 2011 s.d. 2013 dimusnahkan secara cacah menggunakan mesin penghancur kertas yang secara simbolis dipimpin oleh Kepala Kantor Wilayah, Ibnu Chuldun didampingi oleh Kepala Bagian Tata Usaha Biro Umum Setjen Kemenkumham RI. Turut hadir dalam kegiatan ini Kepala Divisi Administrasi Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta, Kabag Layanan Advokasi Hukum Biro Hukerma, Auditor Madya Irwil III dan Para Pejabat administrasi pada Biro Umum Setjen dan Ditjen AHU RI.

Pemusnahan arsip ini merupakan salah satu prosedur penyusutan arsip yang bertujuan untuk penyediaan dan pemanfaatan data/ informasi secara optimal dalam rangka meningkatkan daya guna dan hasil guna administrasi. selain itu, kegiatan ini dilakukan agar tercapainya kesamaan sistem pengelolaan arsip yang tertib dan teratur pada Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta.

(Emrick Laoly)

Baca juga :  Rayakan Kenaikan Tuhan Yesus Kristus ke Surga, Rutan Cipinang Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta Lakukan Ibadah di Gereja Galilea