Jakarta, NAWACITAPOST– Wakil Menteri Pertahanan (Wamenhan) M. Herindra, Rabu (22/12) melaksanakan kunjungan kerja ke Skadron-11/Serbu Lanumad Ahmad Yani Semarang, Jawa Tengah, untuk menyaksikan Penandatanganan Serah Terima Helikopter Bell 412 EP HA-5181 dan HA-5182 yang telah selesai overhaul, dan merupakan bagian dari perawatan sesuai dengan maintenance manual dari manufaktur helikopter.

Bersama Wakil Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Wakasad) Letjen TNI Bakti Agus Fadjari S. IP., M.Si., Wamenhan menyaksikan Penandatanganan Berita Acara Serah Terima Dua Unit Helikopter Bell 412-EP yang selesai di overhaul tersebut, yang dilakukan oleh PT Black Diamond Heliaero, Kapus Alpalhan Baranahan Kemhan Marsma TNI Asfan Jauhari, S.A.P., M.Si, serta Komandan Pusat Penerbangan TNI Angkatan Darat (Danpuspenerbad) Mayjen TNI Mayjen TNI Bueng Wardadi, S.I.P., M.H.

Selain menyaksikan penyerahan dua helikopter, Wamenhan juga berkesempatan melakukan peninjauan untuk mengetahui alutsista yang ada di Skadron 11/Serbu Puspenerbad, Semarang.

Overhaul 12 unit helikopter TNI AD, dimana 2 unit sebelumnya telah diserahkan oleh Menteri Pertahanan di Bulan Oktober lalu, telah selesai melaksanakan beberapa tahapan uji, diantaranya uji fungsi, kemudian kelaikudaraan pertahanan dan pemeriksaan lainnya serta merupakan hasil pelaksanaan salah satu program pada PDN TA. 2021.

Heli Bell 412 EP adalah sejenis Utility Helikopter yang versatile, dapat dipakai untuk berbagai macam misi antara lain pergeseran troop dan barang, firefighting, medevac, dan offshore, serta memiliki kemampuan mengangkut 15 orang personel.

Turut hadir pada penyerahan Dua Helikopter Bell 412 EP, Irjen Kemhan, Letjen TNI Ida Bagus Purwalaksana, S.I.P., M.M., serta sejumlah Pejabat Kemhan dan Mabes TNI Angkatan Darat lainnya.

Baca juga :  Wamenhan Terima Paparan RKA Satker Baranahan dan Badiklat Kemhan TA 2023