Cegah Penularan HIV/Aids, Rutan Selayar Bersama Dinas Kesehatan Survey Sero Survey HIV/Aids

0
87

Jakarta, NAWACITAPOST –¬†Sampai saat ini belum ditemukan obat dan metode penanganan yang tuntas untuk Human Immunodeficiency Virus atau yang lebih dikenal dengan HIV, namun dengan menjalani pengobatan tertentu secara rutin penghidap HIV bisa memperlambat perkembangan penyakit ini. Upaya paling rasional yang perlu dilakukan adalah dengan pencegahan dan penanggulangan dengan tepat.

Dalam rangka mencegah penularan dan penanggulangan HIV/AIDS tersebut dan sekaligus memperingati Hari AIDS Sedunia 1 Desember 2021 Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Selayar bersama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Selayar melakukan kegiatan Mobile VCT atau Sero Survey HIV/AIDS terhadap 95 tahanan dan warga binaan pemasyarakatan (Kamis, 25/11)

Sero survei HIV/AIDS bertujuan untuk mengetahui besarnya masalah epidemi dan trend / kecenderungan infeksi HIV di suatu wilayah dan populasi berisiko.

“Rutan menjadi salah satu tempat yang rentan terhadap penularan HIV/AIDS, untuk itu kegiatan ini termasuk salah satu upaya dalam rangka perawatan kesehatan terhadap tahanan dan WBP,” ujar Nana Herdiana, Kepala Rutan.

Marwah, S.KM selaku perwakilan Dinas Kesehatan Kepulauan Selayar menyampaikan bahwa sedini mungkin harus dilakukan deteksi dini atau pemeriksaan kesehatan terkait penyakit akut dan kronis mengingat covid-19 yang masih menjadi wabah.

“Ditengah pandemi Covid, ODHA (Orang Dengan HIV/AIDS) menjadi salah satu kelompok rentan berisiko tinggi yang terjangkit Covid-19 sehingga perlu menjadi perhatian bersama semua pihak,” tutup Marwah.

(Kornelius Wau)