Antisipasi P4GN, Lapas Tual Lakukan Tes Urine

0
116

Jakarta, NAWACITAPOSTLembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Tual lakukan tes urine secara menyeluruh kepada petugas, tahanan, dan narapidana, Selasa (23/11). Demi Lapas Tual yang bersih dari peredaran narkoba, harus dilakukan tes urine secara bertahap sebagai antipasi Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN).

Kepala Lapas Tual, Kodir, mengajak seluruh jajarannya mencegah dan memberantas penyalahgunaan barang haram ini dengan upaya-upaya yang bisa dilakukan bersama, yaitu dengan tes urine. “Jangan hanya tahanan dan narapidananya saja, tetapi harus bermulai dari kita sebagai petugas dan pengayom bangsa agar menjadi contoh pada Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang hidup bersama di lingkungan Lapas Tual,” ajaknya.

Ke depannya, pihak Lapas akan terus melakukan tes urin terhadap petugas dan WBP. “Jika masih cukup alat tes urinenya, ke depannya akan kembali dilakukan tes urine demi mewujudkan Lapas Tual yang bersih dari narkoba,” tutur Kodir.

Giat tes urine secara menyeluruh berjalan lancar. Dari total 45 petugas dan 65 WBP yang dites urine, seluruhnya menunjukkan hasil negatif narkoba sebagai bukti Lapas Tual mendukung program P4GN.