Jakarta, NAWACITAPOST – Gunakan toilet SPBU berbayar Rp 2 ribu sudah bukan menjadi rahasia umum. Disebut jadi ajang pungli, Pertamina mendadak menjadi sorotan warganet.

Biasanya, di depan toilen SPBU ada sebuah kotak besar seperti kotan amal bertuliskan ‘Kencing bayar Rp 2.000’. Salah satu akun di Facebook membahas biaya yang harus dikeluarkan tiap menggunakan Toilet SPBU hingga viral di dunia maya.

Postingan tersebut berisikan tulisan “KITA BICARA PUNGLI Rp.2000. DI TOILET SPBU kok malah loe bilang SEDEKAH IKHLAS 2000 LOE MASIH WARAS KAN. GAWAT BRO…!!!katanya pembayaran 2000 di TOILET SPBU. secara sukarela. tapi ketika saya gak bayar. tiba tiba KASIR TOILET SPBU memanggil saya….Pak…Bapak belum bayar 2000. Apa ini yg dikatakan suka rela,” tulis pemilik akun.

Menanggapi hal itu, pihak Pertamina buka suara. Menurut pihak Pertamina, membayar uang setelah memakai toilet SPBU bersifat sukarela.

Hal itu disampaikan Unit Manager Communication Relations dan CSR MOR III PT Pertamina, Eko Kristiawan. “Di SPBU default-nya toilet tidak bayar dan sifatnya sukarela,” jelasnya dikutip dari Kompas.com.

Kata dia, pengguna toilet di SPBU apabila ingin membayar hal itu bagus, jika tidak juga bukan menjadi persoalan.

Eko menambahkan, tersedia pula untuk yang berbayar, namanya toilet eksklusif. “Namun demikian toilet yang free (gratis) masih disediakan,” ungkap dia.

Lebih lanjut, kalau pun pengelola SPBU memasang tarif untuk fasilitas toilet, itu hanya untuk kebersihan saja. “Iya, untuk kebersihan saja,” tandas Eko.

Simak informasi menarik lainnya di Youtube NAWACITA TV

YouTube player
Baca juga :  Kapolda Pengganti Nana Sudjana Pernah Usut Kasus Chat Mesum Rizieq Shihab